Usai Dicekoki Miras, Gadis di Bawah Umur Dicabuli Enam Pemuda Secara Bergiliran

TKP

Jumat, 17 Januari 2020 | 21:07 WIB

200117210114-usai-.jpg

ilustrasi

ENAM orang pemuda diamankan Polsek Malangbong, Kabupaten Garut karena diduga telah melakukan pencabulan terhadap seorang perempuan yang masih di bawah umur. Akibat perbuatan bejat keenam pemuda tersebut, saat ini korban diketahui hamil dengan usia kandungan mencapai 10 minggu atau sekitar 2,5 bulan.

Kapolsek Malangbong, AKP Abusono menyebutkan, aksi pencabulan yang dilakukan keenam pemuda tersebut terjadi pada bulan September dan November 2019 lalu di Desa Skawayana dan Mekarasih, Kecamatan Malangbong.

"Korbannya masih merupakan warga Kecamatan Malangbong juga," ujarnya, Jumat (17/12020).

Menurut Abusono, kronologis peristiwa tersebut berawal saat korban yang masih duduk di bangku SMP diajak bertemu oleh salah seorang pelaku sekitar pukul 02.00 WIB.
Sesampainya di rumah pelaku, korban pun disuruh meminum minuman keras (miras) jenis anggur merah.

Karena berada dibawah tekanan, akhirnya korban pun terpaksa meminum miras tersebut. "Dampak dari minuman keras tersebut, membuat korban tidak sadarkan diri. Pada saat itulah, para pelaku ini kemudian melakukan aksi pencabulan terhadap korban secara bergiliran," ungkapnya.

Menurut Abusono, meskipun telah mendapatkan aksi pencabulan, korban tidak berani menceritakan apa yang telah dialaminya itu kepada orang tuanya karena diancam oleh para pelaku. Akibatnya, para pelaku pun kembali melakukan aksi serupa kepada korban.

Curiga dengan perubahan pada anaknya yang sering terlihat murung, terang Abusono, orang tua korban pun kemudian menanyakan apa yang terjadi. Sehingga keluarlah pengakuan dari mulut korban tentang apa yang telah dialaminya.

"Saat dibawa orang tuanya untuk diperiksa, ternyata diketahui bahwa korban tengah hamil dengan usia kandungan sekitar 2,5 bulan. Selain itu, korban juga mengalami trauma," tuturnya.

Merasa tak terima dengan apa yang telah menimpa anaknya, lanjut Abusono, orang tua korban pun kemudian melaporkan kasus tersebut ke Mapolsek Malangbong. Setelah menerima laporan, pihaknya pun langsung melakukan penyelidikan dan mengamankan keenam pelaku.

"Kami langsung amankan keenam pelaku yang diduga telah melakukan aksi pencabulan tersebut. Masing-masing berinisial AR (20), DD (19), MR (18). Sedangkan ketiga pelaku lagi masih berusia di bawah umur," ucapnya.

Abusono menuturkan, selain para tersangka, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya celana panjang jins, celana dalam, kaos oblong, tanktop, jepitan rambut, masker, dan sepasang sepatu.

Ia menambahkan, atas perbuatan yang telah dilakukannya, para tersangka dikenakan pasal 76 D juncto 81, 76 E juncto 82 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dan pasal 55 serta 56 KUHP.

"Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara. Tetapi karena ada yang di bawah umur, tentunya akan disesuaikan dengan ketentuan," katanya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA