Polisi Ringkus Perampok Rumah Mewah di Parongpong

TKP

Selasa, 12 November 2019 | 18:44 WIB

191112184515-polis.jpg

Laksmi Sri Sundari


APARAT Unit Resmob Satreskrim Polres Cimahi meringkus tiga orang pelaku pencurian dengan kekerasan, dimana dua di antaranya masih di bawah umur. Mereka merupakan perampok di sebuah rumah mewah di Kompleks Lembah Sariwangi RT 03/RW 15, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Ketiga pelaku yakni AJ alias Ali Bin Endrik Sopan (21) dan MFH serta MFA yang masih di bawah umur. Kasat Reskrim Polres Cimahi, AKP Yohanes Redhoi Sigiro menjelaskan, modus operandi pelaku saat menjalankan aksinya yaitu mematikan MCB atau meteran listrik yang ada di rumah korban Hendra Satria Purnama.

"Dengan mematikan meteran listrik, otomatis korban keluar rumah. Saat membuka pintu, korban langsung dibekap oleh pelaku AJ. Sementara dua pelaku yang masih di bawah umur bertugas mengikat korban dengan tali rafia, lalu membekap mulut korban dengan celana dalam. Setelah diikat, kepala korban ditutup dengan tas kain," ungkapnya di Mapolres Cimahi Jln. Amir Mahmud, Selasa (12/11/2019).

Dua pelaku di bawah umur bertugas menjaga korban, sementara AJ dengan leluasa menggasak barang berharga milik korban. Sejumlah barang yang diamabil di antaranya kalung, liontin, gelang, dan cincin emas serta gelang imitasi.

"Setelah melakukan aksinya, pelaku menaruh pisau dapur disamping korban. Maksudnya supaya setelah pelaku selesai menjalankan aksinya, korban bisa membebaskan diri dengan cara memotong tali rafia menggunakan pisau dapur yang sudah disiapkan pelaku," beber Yohanes.

Dalam waktu kurang dari 1 X 24 jam, anggota Resmob Polres Cimahi dan Polsek Cisarua berhasil mengungkap kasus perampokan itu. Dua pelaku yang masih di bawah umur terlebih dahulu diamankan. Setelah pengembangan, kemudian pelaku utama, AJ berhasil diamankan.

Pelaku AJ sempat melebur emas tersebut kepada kenalannya berinisial SD (DPO) di Cililin. Setelah itu pelaku AJ berniat menjual emas tersebut di daerah Cihampelas. Namun belum sempat menjualnya, pelaku sudah diamankan petugas.

Dari tangan ketiga tersangka, polisi menyita 2 unit sepeda motor, 1 utas tali rafia, 1 celana dalam, sarung, 1 buah tas laundry, 1 bilah pisau, 1 cincin imitasi, 1 gelang imitasi, 5 butir perhiasan emas yang dilebur dengan total berat 22 gram, dan satu set pelebur emas.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA