Perbedaan "Mod" dan "Cheat" dalam Sebuah Program Games

Teknologi

Selasa, 21 Januari 2020 | 03:13 WIB

200121002848-perbe.jpg

GTA5-Mods.com

BAGI yang bukan termasuk anak “Gamers”, mungkin bakal terasa asing ketika mendengar kata, “MOD” dalam Games.

Sebenarnya "MOD" itu kependekan dari Modifikasi. Yakni perubahan satu atau lebih aspek permainan video, seperti tampilan atau cara berinteraksi yang dibuat oleh pemain atau penggemar permainan video.

Mod dapat berkisar dari kecil sampai perombakan seutuhnya, dan dapat menambah nilai dan minat ke permainan tersebut.

Dalam pengertian sederhananya, “MOD” atau modifikasi dalam permainan video games seperti template, atau bisa dikatakan tampilan permainan video game yang disukai.

Seperti pada permainan GTA 5 di PC (personal computer), yang bisa di “MOD” diganti dengan suasana layaknya peta di Indonesia. Padahal yang sebelumnya, peta atau tampilan GTA 5 orisinal hanya ditampilkan peta pada negara Amerika Serikat.

Akan tetapi, banyak bagi para Gamers maupun orang awam yang memang bukan maniak game, masih belum tahu mana perbedaan “MOD” atau “CHEAT” dalam permainan video game. Akibatnya banyak yang ribut dan hujat sana-sini.

Cheat dapat diartikan sebagai perbuatan curang, menggunakan segala cara yang bisa memudahkan permainan dalam game. Misalnya, mudah untuk mendapatkan uang dalam permainan atau jadi kuat.

Sedangkan MOD hanya merubah file program asli dari game-nya. Seperti dijelaskan di atas.

Contoh hal lainnya bagi yang suka bermain game PES atau Pro Evolution Soccer yang menggunakan aplikasi “Patch”, Patch itu sama dengan MOD. Ini berarti mengganti semua aspek, biasanya permusim baru. Contoh Pemain Baru di sebuah tim, Kostum Baru, Stadion baru dll.

Jadi, itulah pengertian dari “MOD” atau modifikasi. Sangat berbeda jauh disamakan dengan Cheat.

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA