Telkom University Lahirkan Inovasi Kaos Anak Interaktif 4D

Teknologi

Senin, 13 Januari 2020 | 08:16 WIB

200113081737-telko.jpg

ist

TELKOM University kembali menelurkan produk inovasi menarik bernama Elextra 4D. Kali ini dipamerkan di ajang Startup Teknologi & Inovasi Industri Anak Negeri yang berlangsung di Jakarta Convention Center.

Sebuah produk yang fokus konsumennya adalah kaos printing untuk anak-anak. Lalu apa inovasinya?

Sederhananya, Elextra 4D memproduksi kaos anak-anak yang bisa menampilkan animasi 3D saat disorot menggunakan kamera smartphone. Aplikasi Elextra 4D dibuat dengan teknologi Augmented Reality berbasis Android. Untuk menampilkan animasi 3D, tim Elextra 4D menggunakan software Unity 3D, Vuforia dan Blender.

Dalam rilis yag diterima galamedianews, Senin (13/1/2020), perwakilan tim Elextra 4D, Bagas menjelaskan, cara untuk menampilkan animasi 3D yang ada di kaos Elextra 4D.
“Kita tinggal download aplikasi Elextra 4D di Play Store. Setelah terbuka aplikasinya teman-teman bisa mengarahkan kamera dari aplikasi ke T-Shirt, lalu akan muncul animasi 3D nya. Animasi yang muncul juga bisa digerakkan," katanya.

"Misalnya saat kita menyorot animasi binatang, kita bisa membuatnya untuk berlari, berjalan, makan, tidur, lompat dan semacamnya. Kita juga bisa mengambil foto animasi yang muncul untuk dibagikan ke social media, misalnya,” imbuh Bagas.

Selain kaos, aplikasi ini juga dapat digunakan ke kemasan kaos sehingga anak-anak bisa melihat animasinya terlebih dahulu sebelum memilih kaos yang akan dibeli.

Menurut penuturan tim Elextra 4D, kedepannya akan mengembangkan lebih luas ke desain kaos yang tidak hanya anak-anak tetapi juga untuk orang dewasa.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA