SEA Games 2019

Terlempar ke Peringkat 4, Hari Ini Kesempatan Indonesia Dulang Emas Susul Thailand dan Vietnam

Sport

Selasa, 10 Desember 2019 | 07:02 WIB

191210070614-terle.jpg

pikiran-rakyat

HARAPAN Indonesia untuk bisa finis di peringkat kedua pada SEA Games 2019 bakal menemui ujian sulit. Pasalnya, Indonesia sudah berjarak 14 emas dari Thailand. Hari ini adalah kesempatan terakhir Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari Thailand.

Indonesia yang sempat duduk di posisi kedua tergusur ke peringkat keempat pada Senin (9/12/2019). Keberhasilan Thailand dan Vietnam meraup banyak emas di hari itu tak bisa diimbangi oleh Indonesia yang 'hanya' mendapat empat emas tambahan.

Kini Indonesia ada di posisi keempat dengan catatan 70 emas, 77 perak, 97 perunggu. Thailand ada di peringkat kedua dengan koleksi 84 emas, 91 perak, 102 perunggu. Vietnam yang ada di posisi ketiga juga punya jarak yang cukup jauh dengan Indonesia yaitu 79 emas, 78 perak, 94 perunggu.

Upaya Indonesia untuk mengejar Thailand dan Vietnam hanya bisa dilakukan hari ini karena ini adalah hari terakhir pertandingan SEA Games dengan banyak medali. Pada hari penutupan, Rabu (11/12/2019), hanya final beach handball yang akan dipertandingkan.

Hari ini bakal ada 51 emas, 51 perak, dan 69 perunggu yang bakal diperebutkan atlet-atlet peserta SEA Games. Atletik jadi cabang olahraga dengan jumlah emas terbanyak untuk diperebutkan, yaitu 13 emas.

Tiga cabang olahraga beladiri, yaitu Jiujitsu, Kickboxing, dan Gulat juga menyediakan banyak medali emas. Jiujitsu memiliki enam emas, kickboxing lima emas, dan gulat dengan tujuh emas. Pada hari ini pula tersedia emas dari final-final cabang olahraga beregu seperti basket, voli, dan sepak bola.

Sebagai catatan, perolehan 70 emas yang didapat kontingen Indonesia saat ini sudah merupakan catatan yang jauh melebihi target yang dicanangkan sebelum keberangkatan. Kontingen Indonesia sebelumnya hanya dibebani target medali emas di kisaran 45-50 medali emas.

Editor: H. D. Aditya

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA