Bantai Brunei, Timnas Indonesia Buka Peluang ke Semifinal SEA Games

Sport

Selasa, 3 Desember 2019 | 21:27 WIB

191203212755-banta.jpeg

Media Officer PSSI

TIMNAS Indonesia meraup kemenangan besar saat menghadapi Brunei Darussalam, dalam matchday 4 Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019. Armada Garuda Muda membantai Brunei 8-0 di Binan Football Stadium, Binan, Selasa (3/12/2019) malam.

Indonesia butuh kemenangan besar untuk menjaga peluang lolos ke babak semifinal. Sebab, dua pesaing utama, Thailand dan Vietnam, sudah mengoleksi lebih dari 10 gol selama ajang ini. Vietnam mampu mencetak 14 gol, sementara Thailand mengemas 12 gol.

Osvaldo Haay berhasil membuka keunggulan Indonesia pada menit 10. Tembakan jarak dekat winger Persebaya Surabaya usai menerima umpan silang Saddil Ramdani, merobek gawang Brunei yang dikawal oleh Haimie Anak Nyaring.

Performa pasukan Indra Sjafri sempat terburu-buru. Punya target memetik kemenangan dengan skor telak, membuat Egy Maulana Vikri cs kerap melepas umpan direct dari lini belakang ke depan. Padahal, pola tersebut justru tak efektif.

Saddil sempat mendapat peluang emas untuk menggandakan keunggulan Indonesia di menit 22. Menerima umpan pendek dari Osvaldo, Saddil sempat melakukan penetrasi ke depan gawang dan melepas sepakan placing. Akan tetapi, bola sepakan Saddil melenceng ke sisi gawang usai membentur pemain Brunei.

Egy akhirnya berhasil menggandakan keunggulan Indonesia pada menit 39. Aksi ciamik Saddil memberikan umpan backheel kepada Egy, berhasil dituntaskan dengan sebuah tembakan keras yang kembali membuat Haimie takluk.

Sesaat sebelum wasit meniup peluit akhir babak pertama, Indonesia mampu menambah keunggulannya menjadi 3-0. Osvaldo kembali mencatatkan namanya di papan skor, usai mencetak gol keduanya dalam laga ini.

Lebarkan jarak
Babak kedua baru berjalan tiga menit, Indonesia kembali melebarkan jarak keunggulannya. Setelah menjadi kreator terciptanya dua gol di babak pertama, Saddil ikut mencatatkan namanya di papan skor. Umpan silang Osvaldo berhasil dicocor Saddil ke dalam gawang.

Gelombang serangan terus dilancarkan Indonesia meski sudah unggul empat gol. Tepatnya menit 68, Witan Sulaiman menambah lagi pundi gol Indonesia. Umpan silang Egy berhasil dikonversi Witan menjadi gol lewat sebuah sepakan first time.

Kepercayaan diri Indonesia semakin tinggi. Pasukan Indra Sjafri berhasil menambah dua gol lagi. Osvaldo berhasil mencetak hattrick pada menit 71. Setelah itu, kapten tim, Bagas Adi Nugroho, ikut mencatatkan namanya di papan skor usai mengonversi umpan sepak pojok Osvaldo.

Catatan brace dibuat Egy pada menit 79. Penetrasi Egy di sektor kiri, berhasil melewati satu pemain belakang Brunei. Meski tak menggunakan kaki terbaiknya, sepakan keras kaki kanan Egy meluncur deras ke sudut kiri gawang.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, Indonesia berhasil mengunci kemenangan telak 8-0.

Dilansir dari vivanews, berkat kemenangan ini, Indonesia kembali naik ke peringkat kedua klasemen dengan catatan sembilan poin. Koleksi ini sama dengan yang dimiliki Thailand yang turun ke posisi ketiga, dan tertinggal tiga poin dari Vietnam di posisi puncak.

Selanjutnya Indonesia juga harus kembali memetik kemenangan besar saat melakoni laga pamungkas fase grup melawan Laos. Indonesia akan menghadapi Laos di City of Imus Grandstand, Imus, Kamis 5 Desember 2019 WIB.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA