Vinales Tercepat di Hari Ke-2 Tes Valencia

Sport

Kamis, 21 November 2019 | 05:10 WIB

191121051612-vinal.jpg

dok

Maverick Vinales


PEBALAP Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales memuncaki hari kedua tes pramusim di Valencia, Rabu waktu setempat, di saat Yamaha kembali menempati tiga posisi teratas mengungguli rival-rival mereka.

Vinales menggunakan motor baru Yamaha yang dipasangi sasis dan mesin baru untuk mencetak waktu tercepat hari itu satu menit 29,849 detik mengungguli pemuncak hari pertama tes, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dengan selisih 0,164 detik.

Pebalap asal Spanyol itu melahap 67 putaran dan mencetak waktu terbaiknya di lap ke-57. Sedangkan rekan satu timnya, Valentino Rossi kembali finis di peringkat ke-9, dengan total 68 putaran.

The Doctor terpaut 0,968 detik dari pemuncak hari kedua dan mengalami kendala mekanis di sesi siang namun mampu kembali ke trek untuk melanjutkan pengujian motor baru Yamaha.

Pebalap tim SRT lainnya, Franco Morbidelli konsisten di peringkat tiga dengan selisih 0,265 detik dari Vinales.

Quartararo dan Morbidelli masih menggunakan mesin M1 2019 di Valencia dan menguji lengan ayun karbon dan sejumlah bagian aerodinamika.

Cal Crutchlow (LCR Honda) menjadi pebalap Honda tercepat hari itu di peringkat empat dengan menguji motor untuk musim 2020 selama 73 putaran.

Sementara juara dunia Marc Marquez (Repsol Honda) menguji bagian aerodinamika baru di motornya, finis di peringkat 7 setelah 71 lap.

Sang adik, Alex, melanjutkan adaptasi dengan motor RC213V setelah dipromosikan ke kelas premier, menyelesaikan hari kedua dengan 79 putaran dan lebih cepat 0,6 detik dari catatan waktunya di hari pertama.

Kubu tim Suzuki Ecstar mendapati hari yang positif dengan mesin baru mereka di saat Joan Mir dan Alex Rins finis P5 dan P6. Mereka berencana melanjutkan pengujian mesin baru itu di Jerez.

KTM juga mencuri perhatian ketika Pol Espargaro menembus peringkat 10 besar tes di Valencia.
Menggunakan sasis baru yang terbukti lebih baik dari motor sebelumnya, Espargaro finis P8 setelah 46 putaran.

Dani Pedrosa yang berperan sebagai pebalap uji KTM finis P14, dan rookie Iker Lecuona terpaut 0,045 dari juara dunia tiga kali itu di akhir hari kedua.

Brad Binder masih beradaptasi dengan mesin KTM dan melahap 66 lap di hari kedua.

Crutchlow, Lecuona, Binder serta Aleix dan Pol Espargaro semuanya sempat terjatuh di trek pada hari kedua tes namun tidak mengalami cedera.

Sementara itu Andrea Dovizioso fokus mengumpulkan informasi dari apa yang mereka uji di hari pertama, salah satunya adalah penggunaan sasis baru..

Sejumlah sensor terlihat terpasang di belakang motor Ducati pada Rabu, demikian pula bagian salad box digunakan kembali.

Danilo Petrucci absen di sesi tes karena masih didera cedera bahu. Michele Piro melanjutkan tugasnya sebagai pebalap uji dan menyelesaikan 40 putaran hari itu.

Jack Miller (Pramac Racing) juga turun di trek untuk membandingkan motor yang ia pakai dengan versi pertama mesin 2020.

Miller tampil sebagai pebalap Ducati tercepat hari itu di P10, satu posisi di depan Dovizioso.

Miguel Oliveira dan Takaaki Nakagami masih absen karena sedang dalam pemulihan cedera bahu, juga Francesco Bagnaia.

Ini merupakan tes Valencia terakhir di MotoGP mengingat mulai tahun depan sesi itu akan ditiadakan karena bertambahnya seri balapan di kalender 2021.

Tes pramusim terakhir tahun ini akan digelar di Jerez pada Senin dan Selasa pekan depan.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA