Tingkatkan Prestasi Atlet NPC Indonesia Gandeng UNS

Sport

Rabu, 20 November 2019 | 20:51 WIB

191120205214-tingk.jpg

Tok Suwarto

Wakil Rektor IV UNS, Prof. Dr. Rer nat Sadjidan bersama Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun, usai menandatangani perjanjian kerjasama di Auditorium GPH Haryo Mataram kampus UNS Kentingan, Rabu (20/11/2019).


NATIONAL Paralympic Committee (NPC) Indonesia yang berhasil mengangkat prestasi para atlet penyandang disabilitas ke tingkat dunia, menjalin kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, untuk mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak. Ruang lingkup kerjasama tersebut, di antaranya di bidang pendidikan, penelitian dan pelatihan, penyelenggaraan pengabdian masyarakat, peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

Wakil Rektor IV UNS Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Dr. rer nat Sadjidan, seusai menandatangani nota kesepahaman dengan Presiden NPC, Senny Marbun, menyatakan, melalui kerjasama tersebut diharapkan bisa mensinergikan potensi dan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak. Bagi UNS, kerjasama mencakup pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat.

"Kerjasama UNS dengan NPC juga bertujuan mengoptimalkan sumber daya dan kualitas yang dimiliki kedua belah pihak dalam pelaksanaan tugas dan fungsi keduanya, sesuai kewenangan yang dimiliki. Selain itu, tentunya juga mencakup kegiatan lain yang disepakati oleh semua pihak,” ujar Prof. Sadjidan di Auditorium GPH Haryo Mataram, kampus Kentingan, Rabu (20/11/2019).

Menyinggung prestasi atlet penyandang disabilitas di bawah naungan NPC, Wakil Rektor IV UNS itu menyatakan sangat mengapresiasi mereka yang berhasil menjadi juara dunia dan pemecah rekor dunia. UNS, sambungnya, menyambut positif para juara dunia untuk masuk ke UNS dan setelah perjanjian kerjasama ditandatangani UNS dan NPC Indonesia, kedua belah pihak bisa bersama-sama meningkatkan SDM khususnya para atlet yang menjadi pemenang di ajang Asean Paragames

"Ke depannya, Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS dapat berperan aktif dalam mencetak atlet berprestasi di kancah Internasional," katanya lagi.

Prof. Sadjidan menambahkan, di antara alasan NPC Indonesia menjalin kerjasama dengan UNS karena universitas di Kota Solo itu memiliki fasilitas olahraga untuk mendukung para atlet-atlet NPC Indonesia. Di antara fasilitas yang bisa dimanfaatkan para atlet npc Indonesia adalah stadion, GOR UNS dan fitness center di kampus FKOR. UNS Manahan.

"FKOR UNS akan terus meningkatkan sarana dan prasarana, termasuk fasilitas untuk penyandang disabilitas supaya mereka mendapatkan pelayanan yang sama dengan mahasiswa-mahasiswa lainnya. Dan Kerjasama ini juga sebagai bukti kampus UNS sangat ramah terhadap para penyandang disabilitas,” tandasnya.

Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun mengungkapkan, dengan kerjasama ini para atlet diharapkan mampu meningkatkan prestasi di Asean Paragames di Manila mendatang. “Kami yakin para pakar olahraga UNS bisa membimbing atlet kami untuk terus meningkatkan prestasi,” ujarnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA