300 Pebalap Ramaikan Final Series Night Road Race di Makodiklatad Bandung

Sport

Kamis, 14 November 2019 | 14:54 WIB

191114145710-300-p.jpg

Perwakilan Super Adventure, Tries Pondang, Montesz Sport Club (MSC) Indonesia, Fariz Dwi Saputra, Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat) TNI, AM Putranto, serta Ketua Harian IMI Jabar, Frans Tanujaya usai melaksanakan Jumpa Pers di Ganesha Cafe, Jalan Brigjen Katamso, Kota Baneung, Rabu (13/11/2019).


SUPER Adventure Dankodiklat Cup Night Road Race (SANRR) tahun 2019 siap digelar di Sirkuit non-permanen Makodiklatad, Jalan Aceh, Kota Bandung, Sabtu (16/11/2019). Selain menjadi ajang penutup (Final Series), SANRR digelar dalam rangka “Memperingati Hari Pahlawan” Republik Indonesia yang jatuh pada 10 November lalu.

Mengusung tema "Aku Pahlawan Masa Kini", Final Series SANRR akan menjadi gelaran yang spesial bagi para pecinta otomotif. Mengingat balapan yang berlangsung malam tersebut, akan digelar di pusat Kota Bandung dengan melibatkan sebanyak 300 pebalap.

Dalam mendukung jalannya balapan, promotor balap dari Montesz Sport Club (MSC) Indonesia, Fariz Dwi Saputra mengatakan, telah menyiapkan segala sesuatunya mulai dari faktor keamanan (pebalap dan penonton) hingga lighting, di mana sirkuit akan diterangi pencahayaan hingga mencapai 80.000 watt.

"Untuk persiapan kita sudah laksanakan sejak satu bulan lebih, 99 persen semua sudah siap dan sampai sekarang pendaftaran online masih terus berjalan, kita targetkan 300 starter (pembalap) akan ikut serta dalam Night Road Race," kata Fariz dalam jumpa Pers di Ganesha Cafe, Jalan Brigjen Katamso, Kota Baneung, Rabu (13/11/2019).

Membahas mengenai rekayasa lalu lintas, dia mengatakan telah bekerjasama dengan Satlantas Polrestabes Bandung. Rencananya, ruas Jalan Saparua akan ditutup sementara pada hari ini, Kamis (14/11/2019) pukul 19.00 WIB. Sementara itu untuk jalan akses menuju Jalan Ambon, Jalan Seram dan Jalan Aceh akan dilakukan penutupan sementara pada H-1 atau Jumat (15/11/2019) pukul 19.00 WIB.

"Tentunya kami atas nama panitia menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang terdampak, karena pada saat race perjalanan akan terganggu," katanya.

Dari sisi balapan, Fariz mengungkapkan bahwa Seri ke-5 akan menjadi The Real Final. Pasalnya perolehan poin sampai menjelang race masih berlangsung sengit dan ketat, khususnya di urutan ke-1 sampai ke-5 klasemen. Sehingga beberapa pebalap masih memiliki khans untuk meraih podium juara umum.

Adapun kategori yang diperlombakan mulai dari Open, Pemula dan Wanita dengan 18 kelas mulai dari bebek 4 Tak, Bebek 2 Tak, Matic, Scooter hingga X-Rider dengan beragam cc serta klasifikasi tertentu.

Sedangkan Perwakilan Super Adventure, Tries Pondang menuturkan, bahwa Super Adventure bersama Montesz telah melakukan terobosan baru sebab berkat kreatifitas seluruh pihak, “road race” bisa diselenggarakan di sirkuit yang berbeda.

"Kami Super Adventure akan selalu konsisten mewadahi kreatifitas, yang mana melalui kreatifitas ini telah menghasilkan kerjasama yang baik bersama Montesz dan Dankodiklat TNI. Sehingga gelaran 'road race' yang biasa kita saksikan di sirkuit, sekarang berlangsung di jalan raya hingga malam hari," tutur Tries.

Lebih lanjut, Tries mengatakan, jika gelaran balap di akhir pekan nanti akan berbeda dari 4 seri race sebelumnya karena akan berlangsung di pusat kota. "Yang pasti untuk Final Series persiapannya lebih lama dan matang dari empat seri sebelumnya karena kita buat event ini di tengah kota," ujarnya.

Ditambahkan, SANRR Dankodiklat Cup 2019 juga akan dipadukan dengan “entertaiment” mulai dari show band, freestyle, percussion, guitar clinic, free dance, foodtruck dan berbagai hiburan menarik lainnya. sehingga para penonton akan memiliki pengalaman menyaksikan balap motor yang istimewa.

"Super Adventure membungkus kegiatan ini bukan hanya balapan tetapi bagaimana kita membungkus kemasan ini seperti miniatur MotoGP, di mana nanti ada eksebisinya ada area entertainya, bukan hanya menikmati balap tapi menikmati malam minggu di Kota Bandung," jelasnya.

Ia pun menilai puncak race akhir pekan nanti akan memiliki nilai historis yang tinggi. Di mana sejak dulu, Kota Bandung terkenal dengan sentranya para pebalap."Sudah pasti ada trofi dari Komandan Komando Pembina Doktrin Pensisikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat) TNI, AM Putranto, jadi Final Series di Kota Bandung punya nilai historis. Di mana Bandung sendiri terkenal sebagai pusatnya balapan sejak dulu,"katanya.

Mendapatkan support serta dukungan dari Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat) TNI, AM Putranto, berharap, ajang ini bisa menghasilkan talenta-talenta (atlet balap) berbakat bagi Indonesia.

"Dengan niatan baik, kami mendukung serta mengizinkan. Mudah-mudahan Night Road Race nanti bisa menghasilkan pahlawan balap baru seperti Afridza Munandar, bagaimanapun beliau adalah 'Pahlawan Masa Kini', dan semoga ada Afridza-Afridza baru yang berprestasi untuk Jawa Barat dan Indonesia dikemudian hari," katanya.

Sebagai tokoh otomotif yang sangat peduli dengan perkembangan motorsport Indonesia,  AM Putranto pun berpesan kepada seluruh panitia khususnya Montesz agar bisa mengutamakan keamanan serta keselamatan para 'rider' yang akan menjajal sirkuit baru non-permanen Makodiklatad.

"Harus sesuai dengan peraturan dan menjamin keselamatan para peserta. Para pesertapun harus mematuhi semua persyaratan dan memenuhi standar yang sudah ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang dalam hal ini dibantu oleh IMI Jawa Barat," tegasnya.

Ia berharap, siapapun yang akan menjadi juara (juara umum) SANRR Dankodiklat Cup 2019, bisa memotivasi para pembalap lain agar bisa lebih bersemangat melakukan latihan serta meraih prestasi. "Harapan saya, siapapun juaranya, mudah-musahan bisa memotivasi pembalap yang lainya terutama bagi adik-adik junior, karena ini juga sebagai ajang pencarian bakat pembalap muda," tandasnya.

Di luar itu, Ketua Harian IMI Jabar, Frans Tanujaya, optimistis gelaran SANRR Dankodiklat Cup 2019 akan berjalan dengan lancar dan baik. "Luar biasa, dengan dukungan Super Adventure, Montesz serta Dankodiklat saya yakin event ini akan lebih baik ditambah dengan perkembangan aturan safety mudah-mudahan event ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para atlet untuk jenjang yang lebih tinggi," pungkasnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA