Peluang KBB Sebagai Penyelenggara Pembukaan Porprov Jabar 2022 Menipis

Sport

Selasa, 12 November 2019 | 19:45 WIB

191112194633-pelua.jpg


PELUANG Kabupaten Bandung Barat menjadi tempat penyelenggara opening ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porpov) Jawa Barat 2022 menipis. Kemungkinan besar pembukaan pekan olahraga terbesar tingkat Jawa Barat ini akan berlangsung di Kota Tasikmalaya.

"Hasil bidding,  Kota Tasikmalaya menduduki peringkat pertama sebagai penyelenggara opening ceremony. Disusul Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Subang. Peluang Tasik lebih besar karena sudah memiliki stadion sendiri,  Stadion Dadaha," kata Ahmad Saepudin seusai pertemuan dengan Asisten Ekbang Kabupaten Bandung Barat Maman Sulaiman dan pengurus KONI Kabupaten Bandung Barat di Ngamprah,  Selasa (12/11/2019).

Namun menurutnya,  pemilihan Tasikmalaya sebagai tempat penyelenggara opening ceremony  bisa saja berubah, apabila di kemudian hari terjadi sesuatu hal, semisal Kabupaten Bandung Barat  telah memiliki stadion yang memadai.

"Kenapa tidak Bandung Barat,  karena kan stadion belum punya,  baru sebatas rencana. Sedangkan Tasikmalaya sudah punya, cuma memang belum memadai. Tapi selagi selama memiliki argumen yang masuk akal semua keputusan bisa berubah,"  tandasnya.

Ahmad mengingatkan untuk opening ceremony tidak melulu dilakukan secara besar-besaran. Pihaknya berpendapat untuk Porprov mendatang lebih ditekankan pada prestasi, dan sejauhmana kemaslahatannya dengan kepentingan masyarakat.

 "Boleh juga opening ceremonynya meriah, tapi konsekuensinya harus terukur,"tutur Ahmad.

Sekretaris Umum KONI Kabupaten Bandung Barat, Lili Supriatna mengungkapkan kebutuhan anggaran untuk opening ceremony sangatlah besar. Ditaksir mencapai Rp 50 miliar.

"Anggaran pembukaan itu ditanggung penyelenggara. Cukup besar memang,  sekalipun Tasikmalaya menjadi nominasi pertama ternyata belum seratus persen jadi karena terkait masalah besarnya anggaran," kata Lili.

Diakuinya, dibandingkan Bandung Barat dan Kabupaten Subang,  Tasikmalaya memiliki sarana olahraga paling.lengkap. Termasuk memiliki Stadion Dadaha hanya saja kapasitas tempat duduknya belum memadai.

"Rata-rata jumlah atlet dan ofisial tiap daerah bisa mencapai seribu orang. Bila setengahnya saja hadir di acara pembukaan kalikan 27 daerah akan sulit menampungnya. Terkecuali melakukan renovasi,"  paparnya.

Seperti diketahui, pada penyelenggaraan Porpov Jabar 2022, Kabupaten Bandung Barat,  Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Subang menjadi tuan rumah bersama.

Di Tasikmalaya akan dipertandingkan 34 cabang olahraga,  Bandung Barat 20 cabang olahraga dan Subang 17 cabang olahraga.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA