Prawira Bandung Siap Hadapi Musim IBL 2020

Sport

Selasa, 12 November 2019 | 16:32 WIB

191112163056-prawi.jpg

mainbasket.com

Tim Prawira Bandung pada IBL musim 2018/2019.


TIM basket Prawira Bandung memastikan siap menghadapi Indonesian Basketball League (IBL) tahun 2020 yang akan bergulir pada 10 Januari 2020. Manajer Prawira Bandung, Andri Syarel Octrianes menuturkan, saat ini setidaknya kekuatan tim sudah mencapai 70 persen.

"Kekuatan tim untuk IBL 2020 sudah kelihatan karena kami sudah mencapai 60 hingga 70 persen. Kami sekarang hanya tinggal melengkapi pemain asing melalui pemilihan di IBL Draft," tutur Syarel di The Financial Hall-Graha CIMB sebelum pelaksanaan IBL Draft, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dia menambahkan, pelatih anyar Prawira Bandung Giedrius Zibenas telah merekrut 13 pemain lokal yang di antaranya berlabel Timnas basket Indonesia. Tak lupa, Zibenas tetap mempertahankan tiga pemain lokal asal Jawa Barat untuk tetap berada di Prawira Bandung yakni Januar Kuntara, M Reza Fahdani Guntara serta Raymond Shariputra.

"Ketiganya yang merupakan tim Eks PON Jabar tetap dipertahankan oleh coach Zibenas. Mereka rata-rata akan memasuki musim keempat bersama Prawira Bandung," tuturnya seperti ditulis wartawan "PR", Miradin Syahbana Rizky.

Mengenai adaptasi pelatih asal Lithuania itu, Syarel memastikan berjalan dengan baik. Menurut dia, Zibenas masih memerlukan waktu lagi untuk menguatkan chemistry dengan para pemainnya.

"Pelatih masih mencari chemistry karena tim masih terus dibentuk menjelang gelaran IBL. Tapi kerangka tim sudah kelihatan kita tidanggal perbaiki hal kecil seperti mental pemain," ujarnya.

Ketika ditanya mengenai format IBL draft, Syarel mengaku sangat mengapresiasinya. Menurut dia, IBL telah menjadi fasilitator yang baik guna membuat kompetisi 2020 jauh lebih baik sehingga menjadi daya tarik bagi penonton.

"Adanya IBL Draft ini IBL telah memfasilitasi klub tentang kebutuhan pemain. Semoga ini bisa menaikkan kualitas liga dan penonton di IBL 2020. IBL selalu mencari cara agar kompetisi semakin kompetitif dan menarik," tuturnya.

Mengenai siapa pemain asing yang akan direkrut oleh Prawira Bandung di IBL Draft, Syarel enggan menyampaikannya. Pasalnya, Prawira mendapatkan giliran kelima untuk bisa memilih tiga pemain asing dan satu pemain rookie. Sehingga Prawira Bandung tak ingin pemain incarannya diambil klub pesaingnya.

"Oleh IBL kami diberikan booklet dan highlight pemain asing mana saja yang bisa direkrut. Tentunya kami sudah memiliki beberapa nama tapi belum bisa disampaikan. Mereka tentunya direkrut berdasarkan kebutuhan pelatih," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama IBL, Junas Miradiansyah mengatakan, tahun ini setidaknya ada 239 pemain dari 17 agen berlisensi FIBA dipersiapkan untuk membantu upaya tim meraih gelar juara pada IBL tahun 2020. Menurut Junas, para pemain ini berasal dari 12 negara berbeda seperti Amerika Serikat, Australia, Serbia, Kanada, Prancis dan Bulgaria.

"IBL Draft menyediakan 11 pemain posisi center, 54 posisi forward, serta guard sebanyak 174 pemain. Jika dirata-ratakan usianya berkisar 26 tahun sehingga para pemain asing dan rookie di Indonesia ini masih mumpuni," tuturnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA