Iwan Bule Jadi Ketum PSSI, Rudy Heriyanto Pegang Kendali Perbakin Jabar

Sport

Minggu, 10 November 2019 | 08:55 WIB

191110084851-iwan-.jpg

Arif Budi Kristanto/"PR"

Rudy Heriyanto Adi Nugroho (baju batik) terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Perbakin Jabar pada Musyawarah Provinsi Perbakin Jabar VII di Ball Room Hotel Golden Flower, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (9/11/2019).


RUDY Heriyanto Adi Nugroho terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Jawa Barat pada Musyawarah Provinsi Perbakin Jabar VII di Ball Room Hotel Golden Flower, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Sabtu (9/11/2019). Rudy memimpin Perbakin Jabar masa bakti 2019-2023 menggantikan Komjen Pol. Mochamad Iriawan yang kini menjabat sebagai Ketua Umum PSSI.

"Berat bagi saya menggantikan Pak Iwan. Prestasi beliau memimpin Perbakin Jabar luar biasa. Saya harus bisa mencontoh pola kepemimpinan beliau," kata Rudy saat ditemui di sela-sela Musprov.

Cabang olah raga menembak di bawah naungan Perbakin Jawa Barat memberikan andil besar dalam keberhasilan kontingen Jabar merajai PON XIX/2016. Para atlet menembak Jabar menyumbangkan 13 medali emas dari 9 emas yang ditargetkan. Pasca PON, tim menembak Jawa Barat juga mampu menjaga dominasi dengan merajai berbagai kejuaraan nasional hingga 2019 ini.

Rudy menilai, mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi tim menembak Jabar, terutama pada ajang PON XX/2020 di Papua akan menjadi tantangan utama periode awal kepemimpinannya.

"Dari sisi olah raga prestasi, Jabar menonjol pada tingkat daerah, nasional, termasuk internasional. Di PON kemarin bahkan melampaui target. Ini jadi tantangan buat saya empat tahun ke depan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan. Jangan sampai malu-maluin senior," kata polisi aktif berpangkat Ijen Pol. itu seperti ditulis wartawan "PR", Arif Budi Kristanto.

Pada periode kepemimpinannya, Rudy memiliki visi mewujudkan Perbakin Jabar sebagai barometer menembak Indonesia yang berkualitas dan mandiri melalui kualitas atlet, kemandirian, prestasi, dan kompetisi. Dia juga ingin mewujudkan pelayanan tata kelola organisasi yang melayai dan profesional untuk meningkatkan minat menembak melalui sosialisasi dan partisipasi sehingga menjadikan atlet yang memiliki karakter dan berkepribadian sebagai seorang atlet menembak.

"Semua maksud dan tujuan itu tentunya tidak akan terwujud tanpa dukungan sarana dan prasarana memadai. Maka kami akan upayakan pembangunan sarana olah raga menembak atau Sorbak terpadu yang bertaraf internasional secara mandiri," kata Rudy yang saat ini bertugas sebagai Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.

Pada kesempatan yang sama, Mochamad Iriawan menegaskan keyakinannya akan kemampuan Rudy untuk memimpin Perbakin Jabar. Dengan pemikiran visioner, dedikasi tinggi, dan jaringan yang luas, kata pria yang akrab disapa Iwan Bule ini, Rudy akan mampu membuat Perbakin Jabar tetap eksis sebagai yang terbaik pada berbagai ajang menembak.

"Ketua Perbakin Jabar yang baru ini berdedikasi tinggi, mau berkorban, dan pemimpin visioner. Saya tahu benar beliau karena pernah jadi anak buah saya di Polda Metro Jaya sebagai Dirreskrimum pada tahun 2016, saat saya menjabat Kapolda. Jadi saya yakin jika Pak Rudy kompeten. Networkingnnya luar biasa untuk melakukan berbagai pembangunan fisik sarana prasarana menembak di Jabar ke depan," kata Iwan.

Dia berharap, segenap elemen Perbakin Jabar memberikan dukungan kepada Rudy dalam menjalankan roda organisasi. Keberhasilan pengurus lama, kata Iwan, dapat dijadikan contoh bagi kepengurusan di bawah pimpinan Rudy.

"Kita serahkan kepada Pak Rudy soal pembentukan pengurus. Saya yakin akan tetap berkaca kepada pengurus lama yang sukses menorehkan berbagai prestasi. Soal itu (pembentukan pengurus), tergantung Pak Rudy," ujarnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA