Anti-Corona.. Satu-satunya yang Bertahan, Kompetisi Liga Top Dunia Lumpuh Kecuali di Negara Ini

Soccer

Rabu, 25 Maret 2020 | 03:33 WIB

200324201715-liga-.jpg

dailymail

Saat semua liga Eropa menghentikan kompetisi, tidak dengan negara yang satu ini. Ya, Vyseyshaya Liga yang berlangsung di Belarusia sama sekali tak terpengaruh oleh pandemi Covid-19 atau virus corona.

Dikutip dari DailyMail kemarin, tak hanya menuntaskan kompetisi, kampanye juara musim 2020-2021 resmi dimulai pertengahan pekan lalu. Di laga perdana ini Energetik BTU mengalahkan Bate Borisov 3-1.

Dan jangan membayangkan stadion yang kosong, pertandingan berjalan normal dengan kehadiran penonton. Keputusan diambil ketua Asosiasi Sepak Bola Belarusia, Vladimir Basanov yang menilai pandemi global tak menempatkan liga mereka dalam kondisi kritis.

"Apa alasannya menghentikan kompetisi? Memangnya ada pernyataan negara dalam darurat siaga? Tak ada kondisi kritis, jadi kami putuskan untuk memulai liga," katanya. Sejauh ini ada 81 kasus corona di Belarusia. Angka ini terbilang rendah untuk kawasan rendah.

Kasus pertama dikonfirmasi pafa 28 Februari dan hingga kini tak ada korban meninggal. "Banyak liga memainkan pertandingan tanpa penonton tapi mereka sudah berkumpul di stadion, jadi tak masuk akal melarang kehadiran penonton," tambahnya.

Sikap Basanov ini sejalan dengan pernyataan Presiden Alexander Lukashenko yang pada 16 Maret lalu mengatakan, "Tak perlu panik. Bekerja saja seperti biasa.. Rasanya menyenangkan menonton televisi, warga tetap bekerja dengan traktor tak ada yang membicarakabn virus."

Meski demikian Lukashenko mengingatkan semua pihak untuk bertanggung jawab menjaga kesehatan. Ia pun tak melihat social distancing perlu dilakukan untuk saat ini. 

Selain sepak bola, liga hoki es yang juga digemari tak terpengaruh pandemi Covid-19. Hal ini dibenarkan mantan pemain Arsenal dan midfielder Barcelona yang juga skuad timnas Belarusia, Alexander Hleb. 

"Mungkin presiden masih melihat perkembangan. Kami tahu apa yang terjadi di Spanyol dan Italia tapi orang-orang sepertinya ikut pernyataan pemerintah. Merka percaya pendemi tak seburuk yang dinyatakan media," katanya. Ia bahkan berseloroh jika para pemain bintang baiknya hijrah ke Belarusia.

"Mungkin Messi dan Ronaldo akan tertarik ke Belarusia agar tetap merumput, you know?" ujarnya.

Well, I know..

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA