Bantai FC Koln, Dortmund Kukuhkan Posisi Ketiga Liga Jerman

Soccer

Sabtu, 25 Januari 2020 | 06:22 WIB

200125062252-banta.jpg

ERLING Haaland mengemas dwigol saat Borussia Dortmund menghantam FC Koln dengan skor 5-1, dalam pertandingan pekan ke-19 Liga Jerman yang dimainkan di Signal Iduna Park, Jumat waktu setempat (Sabtu 25/1/2020 dini hari WIB).

Tambahan tiga poin membawa Dortmund menggeser Borussia Moenchengladbach untuk menduduki peringkat ketiga dengan 26 poin

Sedangkan FC Koln, yang laju empat kemenangan beruntunnya terhenti, tertahan di peringkat ke-13 dengan 20 poin, demikian dilansir laman resmi Liga Jerman.

Gol-gol kemenangan Dortmund dikemas oleh Raphael Guerreiro (1'), Marco Reus (29'), Jadon Sancho (48') Erling Haaland (77', 87'). Satu-satunya gol Koln dibukukan Mark Uth (65').

Tuan rumah membuka laga dengan sempurna ketika Guerreiro membawa mereka memimpin dalam waktu sangat singkat. Mats Hummels menjadi inisiator gol tersebut, dengan bola panjang yang diterima Reus dan diteruskan kepada Sancho, untuk diumpankan dan dikonversi menjadi gol oleh Guerreiro.

Reus kemudian menguji kiper Timo Horn melalui tendangan bebasnya, yang sebelumnya merupakan penalti sebelum VAR mengubah keputusan wasit. Beberapa saat kemudian sundulan Hummels menghantam mistar gawang.

Koln sempat mencoba mengancam Dortmund melalui Jan Thielmann dan Uth, tetapi justru Reus yang mampu menggandakan keunggulan Dortmund.

Awalnya ia dinyatakan offside saat menerima operan panjang dari Hummels, tetapi tinjauan VAR memperlihatkan posisi sang kapten Dortmund onside sebelum ia menaklukkan kiper Horn untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Pasukan Lucien Favre kembali mengancam saat Guerreiro mengoperkan bola kepada Thorgan Hazard, namun Horn melakukan penyelamatan brilian untuk menjaga gawangnya tidak kemasukan lagi pada babak pertama.

Jhon Cordoba memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan Koln setelah turun minum, namun sepakannya mengenai tiang gawang.

Tim tamu segera harus membayar kegagalan memanfaatkan peluang langka tersebut, ketika sepakan Sancho membuat gawang Koln kemasukan untuk ketiga kalinya.

Achraf Hakimi kemudian melepaskan sepakan melebar setelah mengakhiri serangan balik Dortmund, sebelum kiper Roman Burki mengandalkan refleksnya untuk menggagalkan peluang Uth.

Pemain pinjaman dari SChalke 04 itu memberi sedikit harapan kepada Koln saat ia mencatatkan gol pertamanya musim ini pada pertengahan babak kedua.

Namun setelah gol balasan tersebut, justru Dortmund yang menggila melalui pemain pengganti Haaland. Pemain Norwegia itu menyambar bola pantul dari sepakan Guerreiro yang ditahan Horn untuk mengemas gol keempatnya sebagai pemain Dortmund.

Tuan rumah memiliki peluang untuk memperbesar keunggulan melalui Sancho dan Hakimi, namun justru Haaland yang mencetak gol berikutnya saat sepakannya dari sudut sempit membuat bola kembali bersarang di gawang Koln.

Editor: Rosyad Abdullah

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA