Sekali Tidur 90 Menit, Makan Enam Kali Tidur Lima Kali Rahasia Super-body Ronaldo

Soccer

Kamis, 16 Januari 2020 | 12:36 WIB

200116123618-tak-l.jpg

dailymail

Cheating day alias hari bebas diet sepertinya tak berlaku bagi Cristiano Ronaldo. Jangankan tergoda, bintang Juventus berpaspor Portugal itu bahkan  tak tertarik “leyeh-leyeh” saat kembali ke rumah usai laga besar sekalipun.

Kalaupun ada waktu longgar maka semua dilakukan berdasarkan agenda yang sudah disusun tim yang khusus memantau kebugaran fisik. Ini diakui dua mantan kolega CR7 saat berjersey MU, Patrice Evra dan Rio Ferdinand.

"Superhuman."

Lebih dari sekadar ingin sehat, Ronaldo rela menjalani disiplin tingkat tinggi untuk tetap berada di puncak performa selama mungkin. Dikutip dari DailyMail beberapa waktu lalu, CR7 punya banyak trik dan teknik untuk selalu fit. Di antaranya tidak tidur satu kali delapan melainkan membaginya menjadi lima kali.

Demikian juga dengan makan. Ayah empat anak itu makan enam kali sehari dengan porsi sedikit per 3-4 jam. Ini untuk memastikan pemenuhan nutrisi yang tinggi sekaligus mendukung metabolisme yang tinggi.

A measured life.

Diet Ronaldo juga memungkinkannya memiliki otot yang padat dengan massa lemak yang sangat rendah. Dia juga memiliki ahli gizi pribadi yang menanganinya sejak masih memperkuat Real Madrid.

Dalam keseharian Ronaldo mengonsumsi  gandum utuh, buah segar dan protein tanpa lemak yang terkandung dalam ikan seperti sworfish, ikan bass, ikan air tawar dan ikan cod. Semuanya dimasak dalam kondisi segar, bukan daging beku apalagi  olahan.

Selain itu selalu ada banyak salad dalam setiap kali bersantap. Untuk sarapan Ronaldo biasa menyantap keju, ham, yogurt rendah lemak dan buah-buahan serta roti panggang beroles alpukat. Dia pun menjadikan ayam sebagai  salah satu menu wajib yang kaya protein dan rendah lemak.

Testimoni Evra.

Aiming for the highest.

Saking tak tahan dengan gaya hidup sehat Ronaldo, Patrice Evra, rekan satu timnya di MU mengatakan, “Siapa yang diundang  Ronaldo ke rumahnya, aku rekomendasikan untuk menolaknya. Dia ibarat mesin, tidak pernah berhenti berlatih dan berdiet di rumah sekalipun.”

"Aku ke rumahnya dalam kondisi lelah setelah latihan, tapi di atas meja hanya ada salad, dada ayam dan air mineral, tanpa minuman lain," lanjutnya.

Seperti di lapangan, Ronaldo tak pernah kehilangan fokus dan memperhatikan semua aspek hidupnya. Dalam dietnya, semua minuman berkarbonasi  dihapuskan dan tak ada daging merah atau makanan beku.

No stopping him.

Satu lagi yang tak kalah krusial selain nutrisi dan latihan adalah istirahat. Dan ternyata Ronaldo tidur dengan pola yang sama sekali berbeda. Jika kebanyakan orang beristirahat dalam satu kali “tidur panjang”, tidak demikian dengan CR7.

Ronaldo tak pernah lagi tidur delapan jam berturut-turut. Sebaliknya, dia memecahnya menjadi lima kali tidur masing-masing berdurasi 90 menit. Apa yang dilakukan Ronaldo ini didukung oleh Profesor Nick Littlehales, penulis “Sleep: The Myth of 8 Hours, the Power of Naps... and the New Plan to Recharge Your Body and Mind”.

Power nap?

Menurut Littlehales, sangat ideal bagi atlet profesional untuk memiliki lima jam istirahat terpisah dengan waktu 90 menit. Dan Ronaldo yang bergabung dengan Juventus untuk empat musim 2022 memilih metode Littlehales. Hasilnya? Musim pertama bergabung dengan JUve, Si Nyonya Tua juara Serie A Italia.

Catat..!


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA