Persiapan Laga Tingkat Dunia, Timnas U-15 Digembleng di Bandung

Soccer

Rabu, 11 Desember 2019 | 20:03 WIB

191211201008-persi.jpg

TIMNAS Sepak Bola U-15 digembleng Sekolah Staf dan Komandan (Sesko) TNI, untuk persiapan agenda laga pertandingan tingkat dunia tahun depan.

Timnas muda yang berasal dari berbgai daerah ini melakukan pusat pelatihan di tempat TNI sengaja dilakukan untuk membentuk mental dan kedisiplinan, disamping meningkatkan kemampuan dalam melatih skil individu dan kekompakam tim.

Dalam kesempatan latihan kali ini Rabu (11/12/2019) sore Timnas U 15 mencoba latih tanding dengan salah satu tim sepak bola yang di kota Bandung.

Pelatih Timnas U-15 Rochy Putiray mengatakan, pasca latihan beberapa pekan di Bandung,  khususnya di Sesko TNI masih banyak harus diperbaiki, mulai dari passing antar pemain, organiasi tim, hingga improvisasi masih banyak kekurangan.

Rochy bahkan mengaku, bingung dengan pola penampilanan anak ahusnya kali ini pada saat latih tanding yang memang tidak terlalu berat.

"Pikiran mereka mungkin sudah terbagi, 80% mereka sudah ingin pulang karena kan ada libur natalan, karena mungkin juga akhir ini tensi latihan sedang naik," kata Rochy usai sesi latih tanding.

Menurut Rochy, kendati demikian dalam tiga bulan kedepan masih ada waktu untuk mengejar ketertinggalan latihan pasca liburan lagi, belum lagi kata Rochy, intensitas akan terus dinaikan dari awal tahun hingga Arpil mendatang.

"Sekarang tensi latihan ditinggikan untuk menutupi nanti pada saat libur, jadi ketika mereka kembali kondisinya tidak terlalu kendor," ujarnya.

Kemudian Rochy mengaku, masih akan menambah pemain untuk squad timnas muda ini, pasalnya masih memiliki kekurangan pemain dibeberapa lini, terutama pada penjaga gawang. Rochy mengatakan, pencaraian pemain akan dilakukan pada Januari dari seluruh Indonesia.

"Pemain yang dibutuhkan itu sayap dua kiri dan kanan, striker saya sudah punya dua namun perlu untuk pergantian, gelandang bertahan sama bek kana kiri, perlu satu pemain tapi kakinya bisa kiri kanan," ucapnya.

Selain itu terkait fasilitas yang diberikan Sesko TNI, kepada Timans U-15 kata Rochy mengaku, sangat baik mess yang digunakan para pemain bahakan lebih dari layak, kata dia, mess pemainnya itu lebih dari pada mess tim profesional yang ada di Indonesia.

"Terkait fasilitas lapangan sangat baik salain di Sesko TNI fasilitas latihan di Sesko angkatan darat juga sangat baik dan cukuo untuk latihan, belum lagi kami sedang merenovasi lapangan yang ada di Batununggal. Saya rasa untuk fasilitas sudah cukup," tutur Rochy.

Sementara itu manager timnas U-15, Ray Manurung, pemusatan latihan timnas U-15 di Sesko TNI merupakan persiapan laga Ibercup Elit 2020 di Portugal, yang akan di bertanding bersama akademi tim-tim besar yang ada di Eropa.

"Di Portugal kita akan bertanding dengan tim akademi, Juventus, Liverpool, Real Madrid dan sejumlah tim yang ada di liga Champion lainnya," kata Ray.

Dengan demikian pihaknya mempersiapkan sangat matang timnas muda ini karena, bukan hanya baik secara skil bermain bola, namun harus baik dari segi disiplin, mental dan sikap.

"Artinya disini kami menekankan para pemain selain tampil baik dilapangan, melarang ada protes keras pada saat bertanding karena itu menunjukan kualitas sikap pemain, untuk protes ada jalurnya sendiri," ucapnya.

Kemudian terkait target Ray menuturkan, setidaknya timnas bisa naik kembali podium seperti tahun kemarin yang berada di posisi ketiga, pasalnya Indonesia adalah negara Asia satu-satunya yang bisa maju ke piala bergengsi tingkat usai 15 tahun skala dunia.

"Tahun lalu dari 27 negara satu-satunya dari Asia itu hanya kami yang bisa naik podium, kemudian di tahun depan kami negara satu-satunya yang lolos dari Asia," tuturnya.

Sementara itu Dankorsis Sesko TNI Brigjen TNI Marinir Bambang Sutrisno mengaku, sangat mendukung sekali timnas U-15 ini, sebagai dukunganya semua fasilitas yang ada di Sesko dipersilahkan untuk dimanfaatkan.

"Kami ada dukungan moralitas dan materil karena secara kesulurahan kami sangat mendukung tim yang akan membawa nama harum Indonesia ini," ucap Bambang.

Terkait penampilan tim Bambang menjelaskan, masih harus banyak di gembleng dari sisi fisik dan ke displinan masing-masing pemain, bahkan Bambang berharap, timnas U-15 ini tidak seperti timnas U-23 yang dikalahkan oleh Vietnam dalam Sea Games 2020.

"Saya harap U 15 ini bisa berhelat dilaga kelas dunia karena sepak bola ini adalah olahraga rakyat, yang menunjukan kemajuan suatu dunia," tuturnya. 

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA