Bekuk Slavia dengan 10 Pemain, Dortmund Lolos ke 16 Besar

Soccer

Rabu, 11 Desember 2019 | 06:00 WIB

191211060410-bekuk.jpg

@ChampionsLeague

BORUSSIA Dortmund membekuk tamunya Slavia Praha 2-1 meski harus menyelesaikan pertandingan pemungkas Grup F Liga Champions dengan 10 pemain di Stadion Signal Iduna Park, Jerman, Rabu (11/12/2019) dini hari tadi.

Kemenangan itu mengantarkan Dortmund lolos ke babak 16 besar terbantu hasil laga lain yakni Barcelona menang 2-1 di kandang Inter Milan.

Jadon Sancho mengemas satu gol dan satu assist dalam kemenangan tersebut Dortmund yang dipastikan oleh gol Julian Brandt setelah Slavia sempat menyamakan kedudukan melalui Tomas Soucek.

Tiga poin tambahan membuat Dortmund finis di urutan kedua klasemen akhir Grup F dengan raihan 10 poin dan berhak mendampingi sang pemuncak Barcelona (14) ke babak 16 besar, sedangkan Inter (7) terlempar ke babak 32 besar Liga Europa.

Memasuki pertandingan dengan kondisi wajib menang untuk lolos serta tentunya jika hasil laga Inter vs Barcelona mendukung, Dortmund berusaha menekan tamunya namun malah mendapati gawang mereka harus diselamatkan lewat aksi gemilang kiper Roman Buerki tujuh menit usai sepak mula demi menghalau tandukan Peter Olayinka.

Tiga menit sesudahnya Dortmund mengambil kendali saat Sancho membuka keunggulan. Tepatnya kala ia mengakhiri sebuah bangunan serangan apik dengan sontekan mudah di area tiang jauh. Bola melewati jalur umpan dari Manuel Akanji, Julian Brandt hingga Marco Reus sebelum berakhir di hadapan Sancho untuk diselesaikan.

Dortmund seharusnya menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-14 ketika Mats Hummels melepas umpan jauh ke pertahanan Slavia. Namun tembakan datar Reus masih bisa dihalau kaki kiper Ondrej Kolar.

Peluang demi peluang terus datang untuk Dortmund namun berkali-kali terbuang dan hal itu harus dibayar mahal sebab Slavia menyamakan kedudukan dua menit jelang turun minum kala Soucek menyambar bola umpan Lukas Masopust yang sempat lepas dari penguasaan Milan Skoda.

Setelah turun minum dalam keadaan imbang dan di laga lain Inter juga mengimbangi Barcelona, Dortmund kian diwajibkan meraih tiga poin untuk lolos dan Brandt menuntaskan beban itu dengan mencetak gol pada menit ke-61.

Berawal dari pergerakan Sancho di sayap kiri, ia menyodorkan umpan untuk diselesaikan tembakan kaki kiri Brandt yang bersarang di celah sempit antara Kolar dan tiang kanan gawangnya. Dortmund dua, Slavia satu.

Baca Juga: Hattrick Milik ke Gawang Genk Antar Napoli Melenggang

Tugas Dortmund untuk mempertahankan keunggulan bertambah berat ketika Julian Weigl menerima kartu kuning kedua pada menit ke-77.

Baca Juga: Pemain Muda Menangkan Barcelona dan Kubur Mimpi Inter ke Fase Gugur

Namun, tim besutan Lucien Favre menuntaskan tugas itu dengan baik dan Dortmund memastikan kemenangan 2-1 atas Slavia.

Baca Juga: Sikat Salzburg, Liverpool Lolos ke Babak 16 Besar

Dortmund harus menunggu setidaknya beberapa menit pertandingan antara Inter vs Barcelona berakhir di Italia. Hasilnya menggembirakan, Barcelona menang 2-1 dan Dortmund dipastikan lolos ke babak 16 besar mendampingi raksasa Spanyol itu.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA