Bendera St. George Penuhi Stadion, Utang Budi pada Ratu Alasan Publik Kosovo Puja Timnas Inggris

Soccer

Senin, 18 November 2019 | 09:33 WIB

191118093238-bende.jpg

dailymail


Menutup Kualifikasi Piala Eropa 2020, Inggris yang sudah memastikan lolos tak kehilangan spirit saat menghadapi Kosovo. The Three Lions bahkan menang meyakinkan 4-0 di hadapan publik tuan rumah Stadium Fadil Vokrri, Senin (18/11/2019) dini hari. Tak itu saja, pasukan Gareth Southgate juga mendapat sambutan emosional dari suporter tuan rumah.

Dikutip dari DailyMail, saat lagu kebangsaan God Save the Queen dikumandangkan, bendera St. George memenuhi tribun. Bukan tribun lawan melainkan tuan rumah. Banner bertuliskan Welcome & Respect juga turut dibentangkan di belakang tiang gawang. Tak itu saja, nama-nama pemain Inggris pun terdengar diteriakkan publik ibu kota Pristina.

God Save The Queen.

Queen save us.

Respect.

Dari klip yang ramai di media sosial, para pendukung Inggris dan Kosovo pun tampak akur di bat-bar yang menggelar nonton bareng. How-why?  Rupanya ini karena bagi rakyat Kosovo, Inggris merupakan pahlawan tepatnya saat perang dengan Yugoslavia pecah pada Februari 1998. Konflik bersenjata yang melibatkan  Kosovo Liberation Army itu gagal mencapai kesepakatan diplomasi sementara korban tewas dari warga sipil terus berjatuhan.

Kala itu Inggris yang merupakan bagian dari aliansi internasional NATO memutuskan ikut ambil bagian dalam pengeboman udara kontroversial atas Yugoslavia sebelum perang berakhir pada Juni 1999. Sejak itu rupanya bagi rakyat Kosovo, Inggris memiliki tempat istimewa. Tak mengherankan jika jelang laga spanduk ucapan terima menghiasi jalanan lengkap dengan ornamen bunga poppy dan bendera Inggris.

Footballers united.

St. George with us.

Apresiasi juga ditunjukkan skuad timnas Kosovo yang merelakan hotel mewah yang biasa mereka gunakan untuk tim tamu. Tapi tentunya bukam berarti pasukan Bernard Challandes juga mengalah di lapangan. Meski memang hasilnya tak seperti yang diinginkan tuan rumah. Inggris akhirnya pulang dengan kemenangan 4-0 berkat gol Harry Winks, Harry Kane,   Marcus Rashford dan Mason Mount di masa injury time.

Hasil ini memastikan Inggris sebagai juara Grup A dengan 21 poin dari delapan laga, unggul enam poin dari Republik Ceska di posisi dua. Ceko sendiri kalah 0-1 dari Bulgaria. Sedangkan Kosovo tetap di posisi tiga dengan 11 poin, unggul lima poin dari Bulgaria. Keduanya akan melanjutkan perjuangan ke fase play-off, sementara Montenegro berada di dasar klasemen dengan tiga poin.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA