PSSI Siap Bangun Soccer Camp di Sukabumi

Soccer

Minggu, 10 November 2019 | 13:35 WIB

191110133556-pssi-.jpg

liputan6

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (tengah) bersama wakilnya, Iwan Budianto dan Cucu Seomantri.


KETUA Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan pihaknya siap membangun tempat pemusatan latihan mandiri untuk tim nasional (Timnas) di wilayah Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pembangunan Soccer Camp ini akan memakan biaya sekitar Rp 40 miliar.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini mengatakan, infrastruktur tersebut akan menjadi percontohan pembangunan sarana dan prasarana training center se-Indonesia. Dengan begitu, PSSI berharap pembangunan training camp untuk tim nasional di daerah Sukabumi bisa dimulai pada awal tahun 2020 mendatang.

"Pembangunan Soccer Camp ini Sukabumi ini menjadi proyek percontohan di Indonesia," kata Iwan Bule di Jakarta, Ahad (10/11/2019).

Untuk pembangunan sarana dan prasarana tersebut, Komite Eksekutif PSSI telah menyiapkan lahan seluas delapan hektare. Lahan tersebut merupakan hibah dari pemerhati dan pecinta sepak bola Indonesia untuk meningkatkan kualitas para atlet baik tingkat nasional maupun internasional.

Sementara, untuk anggaran pembangunan ini berasal bantuan dari Federation of International Football Association (FIFA) sebesar Rp 40 miliar. Training Camp yang dibangun ini harus berstandar FIFA dan rumput yang digunakan pun khusus. Dengan adanya lapangan sepak bola seperti ini diharapkan bisa membantu para atlet sepak bola Indonesia untuk meningkatkan kualitasnya.

"Di tempat itu kami berencana membangun enam lapangan berstandar FIFA yang bisa digunakan untuk alet junior hingga senior. Dipilihnya Kecamatan Cikidang untuk pembangunan ini selain tempatnya yang tepat juga lahannya merupakan hibah untuk PSSI," kata dia seperti ditulis wartawan "PR", Miradin Syahbana Rizky.

Iwan Bule menargetkan di setiap daerah di Indonesia minimalnya memiliki satu Soccer Camp untuk memacu peningkatan kualitas atlet sepak bola Indonesia. Ini agar Indonesia mampu bersaing dengan negara lainnya tidak hanya di tingkat ASEAN, melainkan juga dunia. "Mohon dukungan dan doanya," kata Iriawan.

Sekedar informasi, pembangunan TC di Sukabumi ini menjadi salah satu prioritas PSSI agar pelaksanaan pemusatan latihan timnas bisa dilakukan secara efektif dan efisien. Selama ini, pemusatan latihan timnas dilakukan secara terpisah dan PSSI harus membayar sewa lapangan dan hotel untuk penginapan.

Rencana pembangunan TC ini, juga sudah mendapat dukungan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Menteri Mochamad Basoeki Hadimeljono mengatakan, pihaknya siap membantu membangunkan fasilitas bangunan serta akses jalan menuju training camp.

Sebelumnya, pada Sabtu (9/11/2019) Iwan Bule bersama wakilnya Iwan Budianto dan Cucu Seomantri serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Pieter Tanuri, melihat langsung bakal lokasi TC tim nasional. PSSI menargetkan pembangunan bisa selesai paling cepat jelang pelaksanaan Piala Dunia U20 tahun 2021.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA