Gerrard The Heartbreaker

Bikin Suporter Lawan Remuk Redam Lewat Gol Telat, Siapa Pemain dan Klub Raja Drama 90+ Liga Inggris?

Soccer

Senin, 4 November 2019 | 11:14 WIB

191104112309-bikin.jpg

dailymail

You know who, the legendary Red.


Berakhir 1-1 laga antara Everton kontra Tottenham Hotspur di Stadion Goodison Park, Liverpool, Minggu (3/11/2019) malam tak sesederhana skor akhir yang tersaji di papan skor. Selain diwarnai drama patah kaki Andre Gomes akibat tekel  Son Heung-min yang akhirnya dikartu merah, proses gol penyeimbang tuan rumah pun menjadi drama lainnya di ujung pertandingan.

Gol Spurs yang dicetak Dele Alli pada menit ke-63 gagal menjadi gol kemenangan setelah Cenk Tosun menyamakan kedudukan di menit 90+7. Tertahan di peringkat 17 atau terpaut tiga poin dari Southampton di posisi 18 alias satu strip saja di atas zona degradasi, gol telat Tosun tetap mendapat sambutan maksimal.

Another late goal from Cenk Tosun.

Tak itu saja, Tosun mencatatkan namanya dalam jajaran pencetak gol telat paling dramatis. Ini karena gol yang dicetaknya bukan gol hiburan melainkan menjadi pembeda hasil akhir. Dan dari catatan Opta's Duncan Alexander, Everton dan Spurs sama-sama masuk daftar Top 5 klub yang paling “hobi” mencetak gol telat yang membuat suporter jantungan.

Lalu klub mana saja yang paling sering membuat pendukung lawan muntab gara-gara gol telat karena gagal menang dan siapa pula “pelaku”-nya? Berikut di antaranya seperti dikompilasi MirrorUK dan DailyMail, beberapa waktu lalu:

Manchester United/19 gol kemenangan menit 90+

Electrifying goal froam Matic.

MACHEDA!!! (Image: PA)

Laga pada 6 Maret 2018 sepertinya tak akan dilupakan Nemanja Matic. Memainkan laga tandang di Selhurst Park kontra Crystal Palace, tendangan jarak jauhnya memastikan kemenangan pasukan Mou. Bukan kemenangan biasa karena hingga hingga menit ke-48 tuan rumah masih unggul dengan 2-0. Berhasil menyamakan lewat Chris Smalling dan Romelu Lukaku, Matic menuntaskan misi kemenangan di menit 91.

Gol Matic di Selhurst Park menjadi satu-satunya gol kemenangan United yang ke-19 di perpanjangan waktu dalam sejarah Liga Premier. Setan merah sendiri memulai reputasi sebagai spesialis gol telat  ketika Steve Bruce mencetak gol kemenangan di menit 96 melawan Sheffield Wednesday tahun 1993.

Gol telat favorit pendukung Setan Merah lainnya datang dari kaki Michael Owen di laga derby Manchester edisi 2009. Ada juga gol Federico Macheda kala melawan Aston Villa yang berkontribusi penting dalam memenangi trofi juara Liga Primer edisi 2008/09.

Chelsea/20 gol kemenangan menit 90+

Crespo membuat suporter Wigan remuk redam di hari pertama promosi. (Image: Daily Mirror)

The Blues  memiliki koleksi gol telat tak kurang dari 20. Semuanya berakhir dengan duka lawan dan dicetak pada menit 90 atau lebih, termasuk salah satu yang paling ikonik  ketika  sebagai juara bertahan  Hernan Crespo membuat suporter Wigan yang baru promosi remuk redam gara-gara gol telatnya di laga pembuka musim 2005/06.

Gol lainnya yang masuk ketegori ini dihasilkan lewat Fernando Torres kala melawan Manchester City pada 2013 dan gol Marcel Desailly dalam kemenangan 3-2 kontra Spurs pada musim 2001. Frank Lampard ikut mewarnai drama di laga di laga panas ini setelah dikeluarkan dari lapangan karena meninju Chris Perry.

Everton/20 kemenangan menit 90+

Remember his name: Roo...!  (Image: Daily Mirror)

Klub yang mungkin tak dinyana masuk daftar ini ternyata Everton. Publik Goodison Park setidaknya 20 kali dibuat jantungan gara-gara gol telat skuad kebanggaan mereka. Salah satu gol yang takkan terlupakan tercatat atas nama Wayne Rooney yang menggagalkan kemenangan Arsenal di laga tahun 2002.

Gol lainnya dicetak Andy Johnson juga ke gawang lawan yang sama di musim 2007. Lalu ada Nikica Jelavic yang mencetak gol kedua dari dua gol terakhir saat defisit 1-0 berhasil “diubah” menjadi kemenangan 2-1 melawan Tottenham pada Desember 2012.

Tottenham/20 gol kemenangan menit 90+

Gareth Bale with his stunning winner at Upton Park. (Image: Reuters)

Spurs menempati posisi tiga untuk tim dengan 20 kemenangan penuh drama,  termasuk lewat tendangan bebas Harry Kane ke gawang Aston Villa pada November 2014 yang ikut menyelamatkan posisi pelatih Mauricio Pochettino. Ada juga gol cantik Gareth Bale dalam kemenangan 3-2 di Upton Park pada Februari 2013 serta gol Paul Stalteri dalam kemenangan paling menegangkan dengan skor 4-3 di tempat yang sama pada Maret 2007.

Arsenal/25 gol kemenangan menit 90+

One from King Henry for Manchester United, Januari 2007. (Image: Getty Images)

Arsenal berada di urutan kedua dengan 25 gol kemenangan yang dijamin tak terlupakan lewat gol di menit 90 plus. Nwankwo Kanu menjadi kolektor terbanyak lewat hattrick memukaunya dalam laga kontra Chelsea  yang berakhir 3-2 pada Oktober 1999. Koleksi ciamik lainnya sundulan Thierry Henry yang memastikan kemenangan comeback atas Manchester United pada 2007 dan Danny Welbeck yang juga memastikan kemenangan telat melawan Leicester pada 2016 lewat sundulan.

Liverpool/30 gol kemenangan menit 90+

Collymore guys.. (Image: Liverpool Echo)

Siapa raja drama Liga Premier yang paling sering membuat lawan sesak? Ternyata klub merseyside,Liverpool. The Reds setidaknya memiliki lima gol telat yang berujung kemenangan lebih banyak dari tim mana pun, termasuk gol Sadio Mane dalam kemenangan derby Merseyside musim lalu atas Everton dan gol Adam Lallana dalam kemenangan sensasional gila 5-4 atas Norwich pada Januari 2016.

Selain itu yang juga tak akan luput dari catatan statistik, gol Stan Collymore dalam kemenangan 4-3 kontra Newcastle serta aksi serupa legenda Si Merah, Robbie Fowler juga saat menghadapi lawan yang sama. Catatan tak hanya terhenti di sini. Faktanya skuad Liverpool pula yang ternyata mengoleksi gol telat.

Mantan kapten The Kops Steven Gerrard menjadi pemain yang paling sering menggagalkan kemenangan lawan di menit akhir. Berikutnya legenda Arsenal, Ian Wright dan disusul Papiss Cisse, striker Senegal yang memperkuat Newcastle.  Ketiganya empat kali meremukkan suporter lawan. Nama-nama lainnya Frank Lampard, James Beattie, Robbie Fowler dan Thierry Henry. Berikut daftar lengkapnya:

Club Last-Minute Winners:

Liverpool 30 gol

Arsenal 25 gol

Tottenham 20 gol

Everton 20 gol

Chelsea 20 gol

Man United 19 gol

Newcastle 17 gol

Man City 14 gol

Aston Villa 13 gol

Wigan 12 gol

Gerrard the (Red) heartbreaker..

Last but never least: Papiss Cisse, Newcastle's heartbreaker.

Player Last Minute Winners

Papiss Cisse 4 gol

Steven Gerrard 4 gol

Ian Wright 4 gol

James Beattie 3 gol

Christian Benteke 3 gol

Tim Cahill 3 gol

Jermain Defoe 3 gol

Robbie Fowler 3 gol

Thierry Henry 3 gol

Frank Lampard 3 gol

Alan Shearer 3 gol

Fernando Torres 3 gol

Robin van Persie 3 gol

Okay.. you’re welcome folks!

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA