Pemprov Jabar Dorong Pemkab Bogor Segera Revitalisasi Kampung Urug yang Porak Poranda

Seni & Budaya

Senin, 20 Januari 2020 | 11:27 WIB

200120103132-pempr.jpg

kelanaku.com

DINAS Pariwisata dan kebudayaan Jawa Barat mendorong Pemkab Bogor untuk segera merevitalisasi Kampung Urug yang porak poranda akibat bencana longsor awal Januari lalu. Kampung Urug merupakan salah satu kampung adat (budaya) yang ada di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Bogor.

"Sebagai kampung adat, maka Kampung Urug merupakan salah satu kawasan cagar budaya di Jawa Barat, sudah selayaknya mendapat perhatian lebih," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Febiyani yang ditemui di kantornya, Senin (20/1/2020).

Menurut Febiyani, Pemprov Jabar (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar) bisa saja memberikan bantuan melalui dana hibah atau melalui anggaran perubahan. Namun sebelum itu bisa dilaksanakan, harus ada rekomendasi atau laporan dari Pemkab Bogor.

"Pemkab Bogor harus mendata terlebih dahulu perihal kampung Urug yang porak poranda tersebut, termasuk pendataan benda cagar budayanya serta arsitektur rumahnya," katanya.

Menurut Febiyani, pihaknya sudah menyerahkan bantuan yang dikoordinir oleh Pemprov Jabar. Namhn bantuan khusus (kawasan bagar hudaya) untuk Kampung Urug belum dilakukan.

"Pasalnya pemerintaj saat ini masih melakukan dilakukan tanggap darurat dan melakukan pemulihan kawasan Desa Sukajaya termasuk Kampung Urug serta mambangun fasilitas sosial dan fasilitaa umum, belum pada hal yang spesifik," akunya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya meminta Pemkab Bogor segera melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar soal Kampung Urug.

"Agar proses rivitalisasi bisa segera dilakukan," ujarnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA