Wujudkan Bandung Sebagai Kota Seni Budaya Lewat "Gelar Karya Budaya"

Seni & Budaya

Senin, 11 November 2019 | 16:50 WIB

191111165114-wujud.jpg

ist


DINAS Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung terus mengoptimalkan misinya mewujudkan Kota Bandung sebagai kota seni budaya dan tujuan wisata. Salah satu even yang bekerja sama dengan Galamedia yang kini kerap digelar yakni "Gelar Karya Budaya" dan menjadi satu daya tarik untuk wisatawan dalam mengenalkan seni budaya Kota Bandung.

"Gelar Karya Budaya" sudah dihadirkan empat kali sejak bulan Oktober lalu dan terakhir mengambil tempat di Savoy Homann Hotel, Jln. Asia-Afrika, Sabtu (9/11/2019) malam lalu. Acara menampilkan tarian tradisional dari sanggar Semart, musik tradisional dari Volt dan penampilan salah satu band ternama Kota Bandung, Anak Adam. Even tersebut terbuka dan gratis untuk umum.

Beragam karya budaya seni Kota Bandung dipertontonkan. Mereka yang tampil merupakan lingkung seni di bawah asuhan Disbudpar Kota Bandung. Hingga saat ini tercatat ada sebanyak 650 lingkung seni di Disbudpar Kota Bandung.

"Tahun lalu sempat didata ada berapa band di Kota Bandung dan ternyata mencapai 350 band. Itu juga yang akhirnya kita kolaborasikan dengan seni tradisional," ungkap Kasi Promosi produk budaya dan kesenian Disbudpar Kota Bandung, Rendra Karjawan, di sela kegiatan.

Acara "Gelar Karya Budaya" sudah menjadi bagian dari program Disbudpar Kota Bandung yang diharapkan mampu menaikkan atmosfir seni budaya Kota Bandung untuk semakin menjadi daya tarik, terutama bagi wisatawan internasional.

"Filosofi dari 'Gelar Karya Budaya' yakni sebuah pemanfaatan dan pengembangan seni kontemporer dan modern. Respon dari publik pun luar biasa dan itu menjadi bukti kalau seni budaya masih sangat dicintai oleh masyarakat. Tinggal bagaimana kita mengemasnya," tuturnya.

Oleh sebab itu pihaknya bekerja sama dengan Galamedia terus berupaya mengenalkan seni budaya Kota Bandung diberbagai acara. "Dengan begitu semua harapan yang ingin dicapai bisa diwujudkan. Apalagi sejauh ini Kota Bandung masih lebih dikenal sebagai wisata kuliner atau belanja. Semoga kedepannya wisata seni budaya bisa menjadi bagian dari khas Kota Bandung. Karena itu, kami pun berupaya menggabungkan apa yang menjadi ciri khas Bandung dengan seni budaya," katanya.

Penanggung Jawab Even dan Promosi Galamedia, Edi Kusnaedi sekaligus penanggung jawab acara mengatakan, sangat mendukung kegiatan "Gelar Karya Budaya" dengan harapan terwujudnya Kota Bandung sebagai Kota Seni Budaya.

"Kami terus mengoptimalkan segala kegiatan yang digelar Dispudbar Kota Bandung. Semoga Kota Bandung sebagai Kota Seni Budaya bisa terwujud dengan maksimal. Terlebih Kota Bandung sendiri begitu kaya dengan keseniannya," tutur Edi.

Serupa dengan Edi, Abe selaku Food Beverage Manager Savoy Homan mengungkapkan kebanggaannya, dimana Savoy Homan Hotel bisa ikut terlibat mewujudkan Kota Seni Budaya.

"Homan menyambut baik gelaran acara Disbudpar, terlebih kami memiliki visi misi yang sama yakni menaikan Seni Budaya Kota Bandung. Selain itu juga kami tengah melakukan re-branding," ujarnya.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA