Gedung PPK Kembali Pergelaran Wayang Golek Secara Rutin

Seni & Budaya

Sabtu, 9 November 2019 | 23:36 WIB

191109232104-gedun.jpg

Kiki Kurnia


SETELAH vakum hampir setahun, seni wayang golek kembali dipergelarkan di Gedung PPK (dulu YPK). Adalah UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat yang kembali mengangkat seni wayang golek di Gedung yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Sabtu (9/11/2019) malam, suasana Gedung PPK (dulu YPK) di Jln Naripan 9 Bandung, semakin hangat. Para pecinta seni wayang golek terus berdatangan untuk menyaksikan pergelaran seni wayang golek.

Menjelang tengah malam, gedung PPK semakin penuh oleh para penonton. Sementara di depan Gedung PPK, Jln. Naripan, Braga hingga Asia Afrika macet total.

Malam ini, Ki Dalang Apep Hudaya bersama Giri Komara, Karawang berkesempatan menghibur dan memenuhi rasa cinta para penggemar seni wayang golek di Bandung.

Membawakan lakon Dawala Guru Dewa, Ki dalang Apep banyak memberikan nilai dan filosofi hidup pada penonton melalui wayang golek.

Dawala yang merupakan anak kedua dari Badranaya (Semar), menggugat keberadaan para dewa yang telah ingkar dari sikap kedewaannya.

Sebelumnya, Kepala UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, Erick Hendriyana mewakili Kepala Dinas Pariwisata Dan Kabudayaan Jawa Barat, Dedi Taufik membuka Pergelaran seni Wayang Golek di Gedung PPK (YPK). Erick berharap seni wayang golek bisa berkembang dan akan terus dipergelarkan di Gedung PPK dan di wilayah lainnya.

"Dulu, Seni wayang golek berkembang di Gedung ini. Kami ingin mengulang kembali sejarah tersebut, dan seni wayang golek kembali berkembang dari gedung bersejarah ini," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA