Rindu Pengunjung, Dua Bulan Lockdown Ikan Penghuni Wahana Akuarium pun Depresi

Ragam

Senin, 18 Mei 2020 | 13:19 WIB

200518131915-tak-a.jpg

dailymail

Lockdown tak hanya membuat warga dunia stres, tapi juga hewan. Demikian setidaknya laporan wahana akuarium raksasa Australia. Sejak lockdown diberlakukan pertengahan Maret lalu ikan-ikan penghuni akuarium mulai menunjukkan tanda-tanda depresi.

Dikutip dari DailyMail kemarin, laporan staf ahli kelautan Cairns Aquarium di Queensland, Australia menyebut sejumlah ikan terlihat lesu sejak tak ada lagi interaksi dengan pengunjung. Lockdown membuat wahana wisata fauna ini tutup.

Tak seperti biasanya ikan-ikan tak banyak berenang mengitari akuarium. Sebaliknya hewan berinsang ini lebih suka diam bersembunyi di balik ornamen akurium. Sebagian bahkan kehilangan selera makan sehingga semakin lesu.

"Tak banyak yang tahu jika ikan-ikan ini bisa melihat pengunjung di balik kaca akuarium. Mereka menikmati interaksi dengan manusia," ujar kurator Cairns Aquarium, Paul Barnes kepada ABC News.

Ia melanjutkan, tak perlu interaksi aktif, sekadar melihat lalu lalang pengunjung sudah menstimulasi ikan untuk lebih aktif. "Mereka senang melihat apa pun baik di dalam maupun di luar akuarium," katanya.

Guna menyiasati depresi yang melanda penghuni akuarium kini pengelola menurunkan beberapa penyelam. Tiga penyelam akan menyapa ikan-ikan di dalam akuarium. Tanda ikan senang di antaranya berenang aktif hingga permukaan.

I see..

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA