Kamera HP Hanya 30 Frame

Rekam Tujuh Triliun Gambar per Detik, CUSP Kamera Ultra-canggih yang Membuat Waktu Seolah Terhenti

Ragam

Minggu, 17 Mei 2020 | 11:07 WIB

200517110709-abadi.jpg

dailymail

Sejumlah ilmuwan mengklaim telah mengembangkan kamera ultracanggih yang mampu mengabaikan tujuh triliun frame per detik. Dengan kecepatan recording tak terbayangkan kamera tadi dapat merekam fusi nuklir, peluruhan molekul radioaktif dan peristiwa astronomis yang berjarak hitungan tahun cahaya.

Dikutip dari DailyMail belum lama ini, kamera jenis spektral forografi ultracepat (CUSP) terkompresi tersebut dilengkapi teknologi laser dan dirancang untuk menangkap pergerakan gelombang cahaya. Kamera generasi CUSP ini mengalahkan rekor kecepatan recording T-CUP yang tercatat 10 triliun frame per detik.

Dikatakan kemampuan mengabadikan 70 triliun frame per detik tadi berlangsung dengan kecepatan yang setara dengan waktu kedipan mata manusia. CUSP diharapkan menjadi bagian dari kemajuan riset fisika terkini. Soal kapasitas sebagai gambaran kamera canggih HP hanya bisa merekam 30 frame per detik.

"Kami merancang kamera yang dapat mengcover fusi nuklir, pergerakan foton di awan, jaringan halus biologis hingga fenomena biomolekul," ujar Lihong Wang dari Optical Imaginary Laboratory, California Institute of Technologi (Caltech).

 Sebelumnya teknologi berbasis sensor silikon terbukti membuat kamera berkapasitas recording jutaan frame per detik. Tetapi ini belum cukup untuk fenomena fisika di tataran yang lebih halus. Namun kini Wang yang juga ikut membidani T-CUP berhasil mengembangkan CUSP dengan kecepatan fenomenal.

"Kamera ini membuat waktu seolah berhenti karena kemampuannya mengabadikan semua yang terjadi dalam satu detik dengan sangat detail," ungkap Wang yang meyakini teknologi kamera tak akan berhenti dengan temuan CUSP.

I guess so..

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA