Dari Cleopatra Hingga Julius Caesar, Begini (Mungkin) Tampilan Sosok Historis di Era Milenial

Ragam

Rabu, 29 Januari 2020 | 15:43 WIB

200129154317-dari-.jpg

dailymail

Seorang desainer grafis mengilustrasikan ulang tokoh-tokoh sejarah dalam tampilan milenial dengan hasil yang luar biasa. Warga Dallas, Texas bernama Becca Saladin (29) tersebut mulai mengerjakan proyeknya pada Februari 2019  dan kreativitasnya kini bisa dinikmati banyak orang di akun Instagram.

Pemilik akun @royalty_now_ itu memiliki puluhan ribu followers. Dan berkat gambaran modernnya paras dari Mona Lisa, Julius Caesar hingga Cleopatra yang biasanya terkesan kuno berubah menjadi kekinian.

Anne Boleyn mantan Ratu Inggris abad ke-16.

The one and only: Mona Lisa.

Kepada FEMAIL, Becca yang mencipta ulang profil historis tadi melalui penyuntingan foto dan teknik melukis digital mengatakan, “Reaksi yang kudapat jauh dari yang kubayangan, sangat menarik!”

Ia menambahkan motivasinya adalah membuat orang tertarik pada sejarah dan mengingatkan jika nama-nama besar di masa lalu bisa bertahan dalam literasi berkat persistensi mereka melewati setiap hadangan hidup.

Raja Henry VIII dari abad ke-16.

Diktator Roma Julius Caesa karya Andrea Ferrucci (kiri) versus versi modern Becca.

Ia juga menyebut momen paling berharga baginya ketika seorang pengajar menghubungi untuk meminta izin menggunakan sapuan digitalnya di kelas sejarah. “Banyak yang menghubungi  hanya untuk mengatakan betapa desain profilku membuat sejarah terasa lebih dekat dan hidup,” tuturnya.

Becca menggunakan manipulasi foto dan teknik melukis digital untuk membuat ilustrasi  modern. Sederhananya ia mengumpulkan stok foto yang mirip dengan tokoh pilihannya sebelum menyatukan konstruksi wajah mereka hingga tercipta wajah yang sama dengan nuansa berbeda.

Presiden AS dari abad 19 Abraham Lincoln.

Penguasa Mesir Cleopatra menjadi sosok yang tersulit direka ulang.

Becca mengungkapkan sebagian profil direka ulang dengan proses mudah sementara yang lainnya perlu waktu lebih lama. “Mudah jika sudah ada referensi foto realistisnya seperti Henry VIII atau yang warna rambut asli dan warna matanya sangat jelas. Deskripsi kontemporer juga membantu,” katanya.

Di antara sosok yang pembuatannya cukup menantang yaitu Cleopatra, Alexander Agung, dan Julius Caesar. “Kita tidak memiliki banyak informasi tentang rambut, mata dan warna kulit mereka. Kalaupaun ada seringkali   saling bertentangan.”

Alexander Agung Raja Makedonia dari abad 323 SM.

Raja  Louis XV dari Prancis penguasa abad ke-18.

Untuk menyiasati kendala informasi terkait autentifikasi, Becca melakukan banyak riset online. Beberapa di antaranya diselesaikan dengan “keputusan artistik”. “Seperti Cleopatra yang meski banyak direquest tapi tak banyak info visual tentangnya.”

Becca mengaku keterampilannya  meningkat pesat sejak  mulai memosting karyanya di Instagram. Ia berharap bisa  menambah konten baru dengan tampilan tak kalah memesona.

Ratu paling berpengaruh dari Mesir Nefertiti.

Permaisuri Roma Agrippina dari Dinasti Julio-Claudian.

“Sekarang aku ingin akun IG-ku memiliki konten yang lebih beragam. Tak hanya sosok historis dari Eropa dan Mesir tapi seluruh dunia. Aku senang jika karyaku diapresiasi tapi aku lebih ingin agar potongan sejarah ini bisa diakses oleh lebih banyak pihak,” katanya.

Onward Miss B!

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA