Enggak Bikin Bosan, Ini Kelebihan Taman Tematik di Kota Bandung

Ragam

Rabu, 15 Januari 2020 | 21:31 WIB

200115213054-engga.jpg

Novi Janati Lestari

KOTA Bandung yang dikenal dengan udaranya yang sejuk memiliki sejumlah taman tematik. Taman-taman ini menjadi tempat yang dapat dikunjungi warga Bandung atau luar kota untuk mengisi waktu libur dan luangnya tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

Fasilitas yang beragam ditawarkan taman-taman ini sesuai dengan tema yang diusung. Taman itu pun tak membuat bosan orang yang mengunjunginya.

Berikut beberapa taman yang ada di Kota Bandung:

1. Taman Lansia
Taman ini terletak di Jalan Cisangkuy. Pohon-pohon rindang yang ada membuat taman ini memiliki nuansa yang teduh dan sejuk sehingga cocok dijadikan sebagai tempat jalan-jalan atau olahraga baik di waktu pagi maupun sore. Meskipun taman ini ditujukan bagi para lansia, banyak pula pengunjung dengan usia yang beragam.

Di taman ini terdapat berbagai fasilitas yang ditawarkan, misalnya tempat duduk yang tersebar di banyak titik, beberapa spot foto cantik seperti patung dinosaurus, jalan yang dilengkapi dengan batu refleksi untuk para lansia, musola, toilet, free wifi, tempat sampah yang disediakan di banyak titik, Posko Lansia yang menjadi tempat para petugas pemeliharaan taman dapat ditemui, dan Plaza.

Salah satu petugas pemeliharaan taman, Paidja mengungkapkan, plaza ini biasa digunakan sebagai tempat untuk berolahraga seperti senam, dance, dan zumba.

"Di hari Senin ada dancer, Rabu ada dancer dan zumba, Kamis ada senam dari Dispora, Jumat ada zumba, Minggu ada zumba. Pagi-pagi, jam 7 sudah ada," ujarnya saat berbincang di Taman Lansia, Selasa (14/1/2020).

Salah satu pengunjung, Entin mengungkapkan, ia biasanya berkunjung ke Taman Lansia untuk berolahraga dan berfoto di beberapa spot cantik.

"Kalau untuk lansia ya cukup, enak, dan sejuk. Terutama tujuannya olahraga, tetapi olahraga yang lansia kan tidak seperti anak muda, paling jalan keliling taman sambil selfie-selfie," ungkapnya.

2. Taman Superhero
Taman ini terletak di Jalan Bengawan, Cihapit. Sesuai dengan namanya, di taman ini terdapat beberapa patung Superhero seperti Batman, Superman, Gundala, dan lain-lain.

Selain itu ada pula tempat duduk, tempat sampah, free wifi, tempat bermain anak dengan berbagai wahana
permainan seperti jungkat-jungkit, perosotan, ayunan, dan sebagainya.

Salah satu pengungjung, Herlan yang datang bersama istri dan anak-anaknya mengatakan, ia biasanya mengantar anak-anaknya untuk berfoto dengan patung
superhero dan bermain di wahana permainan yang ada di taman ini.

"Tempat ini bagus untuk anak-anak bisa bermain, kebersihan sudah lumayan lebih bagus, tetapi perosotannya menurut saya terlalu tinggi," katanya di Taman Superhero, Selasa (14/1/2020).

3. Taman Foto Bandung
Taman ini terletak di Jalan Anggrek atau Jalan Taman Cempaka. Di taman ini terdapat spot foto cantik yang disediakan bagi pengunjung yang suka berfoto, bangku taman, tempat sampah, wifi, dan tempat bermain anak. Adanya pohon yang rindang juga membuat suasana taman menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Salah satu pengunjung taman, Mila berbagi pendapatnya terkait taman ini. "Enak aja nyaman buat main ke sini. Bagus, tapi sayangnya fasilitas-fasilitas di sini kayaknya banyak di coret-coret sama orang-orang yang nggak bertanggungjawab,” ungkapnya di Taman Foto Bandung, Rabu (15/1/2020).

4. Taman Skateboard
Taman ini terletak di bawah Jalan Layang Pasupati dan disediakan bagi orang-orang yang ingin bermain skateboard. Di taman ini memang terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan untuk bermain skateboard.

Seorang pemain skateboard, Akmal mengatakan, di taman ini ada rail, quarter, box atau table, volcano, dan lain-lain. Ia menambahkan, selain menjadi tempat pengunjung bermain skateboard, taman ini juga biasa digunakan sebagai tempat untuk mengadakan
lomba skateboard.

"Apresiasi juga untuk pemerintah udah mau bikin dan menampung hobi anak-anak, cuma masukannya ke depannya bisa lebih dipelihara dan dirawat lagi," ucapnya saat berbincang di Taman Skateboard, Rabu (15/1/2020).

5. Taman Film
Taman ini terletak di bawah Jalan Layang Pasupati. Taman dengan luas lokasi 1.100 meter persegi ini menyediakan beberapa fasilitas seperti tempat duduk dengan kapasitas 250 orang, monitor megatron sebagai media untuk memutar film, musola, dan toilet.

Seorang pengunjung, Irwan yang datang bersama istri dan anaknya menuturkan, ia pernah mengikuti kegiatan nobar pertandingan final Persib di Taman Film ini.

"Bagus karena bisa menjadi wadah buat warga Bandung kumpul, jadi berkomunikasi di sini, nyaman juga," ujarnya di Taman Film, Rabu (15/1/2020).

(Novi Janati Lestari)

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA