Ini Dia Manfaat Donor Darah, Terutama untuk Kaum Pria

Ragam

Rabu, 15 Januari 2020 | 10:14 WIB

200115101656-ini-d.jpg

MEMILIKI kondisi fisik yang baik memang sangat penting agar produktivitas dalam menyelesaikan segala urusan dan pekerjaan tetap terjaga. Namun yang juga tak kalah penting diperhatikan adalah kesehatan mental karena aspek yang satu itu ternyata memiliki kaitan erat dengan kesehatan fisik. Apabila kesehatan pikiran bisa terjaga, bisa dipastikan kondisi fisik pun akan selalu dalam kondisi terbaik.

Fakta menarik, ternyata menjaga kesehatan fisik dan mental tak hanya bisa dilakukan dengan menghindari pikiran dan fisik dari hal-hal negatif, tapi juga bisa dengan rutin melakukan donor darah. Kegiatan sosial yang begitu mulia ini, tak hanya membawa kebaikan bagi sesama tapi juga untuk diri sendiri. Terlebih bagi para pria, dianjurkan untuk rutin melakukan donor darah secara berkala.

Ingin tahu lebih lanjut apa saja manfaat donor darah bagi pria? Cari tahu di bawah ini yuk!

Mempercepat Penyembuhan Luka

Tubuh memiliki sistem yang unik, ketika terjadi luka tubuh akan melakukan penyesuain diri terhadap berkurangnya sel darah merah. Fase seperti itu juga dialami ketika baru saja melakukan donor darah. Ini dia salah satu manfaat donor darah bagi pria, yaitu mampu menyembuhkan luka lebih cepat. Jadi tak perlu khawatir jika akibat melakukan suatu kegiatan kamu mendapat luka.

Manfaat donor darah bagi pria yang aktif salah satunya memang adalah untuk menyembuhkan luka lebih cepat. Ketika jumlah darah merah mengalami penurunan, tubuh akan memproduksi sel untuk menutupi kekurangan tersebut. Kemudian yang terjadi dalam proses tersebut, luka bisa sembuh dengan lekas.

Mampu Membantu Penurunan Kolesterol

Keberadaan kolesterol berlebihan dalam darah bisa menimbulkan bahaya dan berbagai gejala kesehatan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari hal-hal yang dapat melecut peningkatan kadar kolesterol. Sebaliknya lakukan juga sesuatu yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah, seperti donor darah.

Manfaat donor darah bagi pria juga adalah untuk membantu penurunan kolesterol jahat dalam tubuh. Ada sebuah penelitian yang membuktikan apabila donor darah mampu mengurangi kekentalan darah. Dengan begitu kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah pun juga dapat dikurangi. LDL inilah yang menjadi penyebab seseorang terkena beragam gejala penyakit, misalnya penyumbatan pembuluh darah.

Periksa Kesehatan Gratis

Setiap orang disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala agar bisa mengetahui secara pasti kondisi tubuh. Terlebih apabila kamu termasuk pria yang selalu disibukkan dengan beragam aktivitas. Cek kesehatan juga merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh para pendonor karena setiap orang yang akan melakukan donor darah harus melalui proses cek kesehatan.

Para petugas dari PMI akan mencari tahu apakah darah yang ada dalam tubuh kamu benar-benar sehat dan layak untuk didonorkan atau tidak. Deteksi ini merupakan salah satu manfaat donor darah bagi pria agar bisa terhindar dari beragam penyakit, seperti hepatitis, demam berdarah, hingga HIV.

Usaha untuk Mencegah Kegemukan

Memasuki usia 30, biasanya muncul dalam pemikiran para pria akan ketakutan pada kegemukan. Tak mengherankan mengingat bertambahnya usia biasanya diiringi juga oleh penurunan metabolisme. Ini yang menyebabkan makanan lebih lambat dikonsumsi, dan ternyata rutin mendonorkan darah termasuk dalam salah satu list manfaat donor darah bagi pria.

Sebuah penelitian pernah dilakukan oleh University of California, hasilnya menyebutkan kalau mendonorkan 450 ml darah dapat membantu pembakaran kalori hingga 650. Bila dilakukan secara rutin, tak menutup kemungkinan jika stabilitas berat badan dapat selalu terjaga. Dengan begitu, pendonor dapat terhindar dari risiko gemuk berlebihan.

Menjaga Kesehatan Hati

Hati termasuk salah satu organ vital yang dimiliki tubuh. Fungsinya adalah untuk menetralisir serta menawar racun. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan untuk mengatur sirkulasi hormon dan komposisi darah yang mengandung lemak, gula protein dan zat lain. Maka dari itu apabila hati tak dapat bekerja secara maksimal, bisa-bisa menimbulkan beragam keburukan bagi kesehatan.

Demi menjaga kesehatan hati, tak ada salahnya untuk rutin melakukan donor darah karena salah satu manfaat donor darah bagi pria adalah menjaga kesehatan hati. Dalam hal ini donor darah memiliki fungsi untuk mengurangi kandungan zat besi yang bila jumlahnya berlebihan dapat memunculkan beragam gejala kesehatan. Dari sini, kinerja hati jadi bisa lebih maksimal lagi.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sudah banyak diketahui kalau penyakit jantung merupakan salah satu momok kesehatan yang mengerikan. Salah satu penyebabnya adalah kadar kekentalan yang berlebihan dalam darah. Kondisi seperti ini membuat risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah juga besar dan akan diminimalisir dengan rutin melakukan donor darah.

Bila dilihat lebih jauh lagi, penyumbatan donor darah seperti itu dapat menghindarkanmu dari risiko penyakit jantung yang berbahaya. That’s right, ini juga jadi salah satu manfaat donor darah bagi pria, lho. Jadi tak ada salahnya untuk melakukan kebiasaan baik donor darah secara rutin.

Meminimalisir Risiko Kanker

Selain jantung, kanker juga termasuk salah satu gejala penyakit yang begitu berbahaya dan bisa menyerang beragam anggota tubuh, tak terkecuali darah. Sebelumnya telah diketahui kalau manfaat donor darah bagi pria salah satunya adalah mengurangi kelebihan kandungan zat besi dalam tubuh. Siapa sangka kalau jumlah zat besi yang cukup dalam tubuh juga merupakan faktor penting untuk meminimalisir terkena serangan jantung.

Menjaga Kesehatan Pikiran

Ternyata ada cukup banyak manfaat donor darah bagi pria apabila dilihat dari segi mental. Misalnya saja adalah dapat membantu menjaga kesehatan pikiran dan menjaganya tetap bahagia. Bagaimana tak merasa riang gembira kalau bisa memberikan pertolongan pada sesama. Ada sebuah studi di bidang psikologi yang menunjukkan jika pendonor yang memiliki tujuan mulia untuk membantu sesama memiliki risiko kematian lebih rendah.

Mengajarkan Nilai Berbagi

Kemudian bila ditelaah lebih lanjut juga, manfaat donor darah bagi pria lain adalah untuk mengajarkan pentingnya nilai berbagi. Mesti diingat kembali kalau manusia ini makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan orang-orang di sekitar. Terlepas kamu mengenalnya secara personal atau tidak, tak ada salahnya untuk berbagi kebaikan dengan orang lain. Ini merupakan rahasia sederhana memperoleh bahagia.

Memperpanjang Usia

Kalau kebiasaan berbagi bisa diterapkan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari, bukan tidak mungkin seseorang akan senantiasa merasa bahagia. Bila kondisi tersebut bisa selalu dipertahankan, diyakini jika kemungkinan hidupnya juga bakal semakin panjang.

Melihat beragam manfaat donor darah di atas, tidak ada alasan lagi untuk malas-malasan dalam mengikuti kegiatan donor darah. Sebarkan semangat positif juga pada yang lain, biar manfaat donor darah bagi pria bisa dirasakan oleh semua orang.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA