[Video] Ternyata Anjing Matahari, Warga Terpana Menyaksikan Tiga Matahari Muncul di Langit China

Ragam

Sabtu, 14 Desember 2019 | 00:58 WIB


Warga sebuah kota di China terpana melihat apa yang tampak seperti tiga matahari yang muncul di cakrawala.

Peristiwa itu terjadi di provinsi Xinjiang beberapa hari lalu, para ahli menyebutkan penyebab peristiwa ini adalah fenomena alam yang dikenal sebagai 'anjing matahari'.

Gambar dan rekaman yang ditangkap oleh saksi mata menunjukkan dua titik cahaya, yang disebut 'matahari hantu', muncul di sisi kiri dan kanan matahari yang sebenarnya terbenam.

Anjing matahari terjadi ketika sinar matahari melewati kristal es dengan cara tertentu ketika mereka melayang di udara. Foto di atas adalah fenomena tersebut yang diamati di Trosa, Swedia

Ilusi optik yang langka diamati kemarin sore di Khorgas, sebuah kota tingkat prefektur di bagian barat Xinjiang dengan populasi sekitar 65.000 jiwa.

Pemandangan itu membuat lingkaran cahaya yang menakjubkan di atas kota kecil tepat di musim dingin.

Seorang mahasiswa, Shi Li (20), menyaksikan peristiwa itu ketika melakukan obrolan video dengan saudara perempuannya yang tinggal di Khorgas.

"Saya bertanya-tanya pada saat itu, Apakah surga sudah terbuka?," katanya ketika diwawancara wartawan mailonline.

"Awalnya saya pikir ada sesuatu yang salah dengan penglihatan saya, tetapi setelah saya mengetahui banyak orang melihatnya, saya menyadari itu benar-benar terjadi."

Insinyur meteorologi Bian Yun mengatakan kepada MailOnline bahwa "anjing berjemur" jarang terjadi di Cina.

Mr Bian, yang bekerja untuk Administrasi Meteorologi Tiongkok, menjelaskan, Ada banyak kristal es berbentuk segi enam di awan semi-transparan dan halus di langit.

'Kadang-kadang, mereka akan berbaris dengan halus dan horizontal di langit dan ketika sinar matahari menyinari kristal-kristal es ini, refleksi yang tidak teratur seperti itu akan terjadi.'

Menurut NASA, anjing matahari seperti jenis baru lingkaran es dan dibentuk oleh kristal es berbentuk piring yang melayang turun dari langit - seperti dedaunan yang terbang dari pohon.

Anjing matahari dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun dan dari mana saja, meskipun mereka paling sering terlihat ketika matahari lebih rendah di cakrawala pada bulan Januari, April, Agustus dan Oktober.

Itu juga terjadi ketika kristal es di atmosfer lebih umum, tetapi dapat dilihat kapan saja dan di mana saja ada awan cirrus, demikian menurut LiveScience.

Editor: Asep Thea

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA