Luka Bakar Diolesi Mentega, Ini Dampaknya yang Akan Dialami

Ragam

Senin, 9 Desember 2019 | 23:00 WIB

191209225015-luka-.jpg

SAAT seseorang mengalami luka bakar, terdapat sejumlah hal yang biasanya langsung digunakan untuk menghilangkan masalah tersebut. Salah satu bahan yang biasa digunakan untuk mengatasi luka bakar adalah mentega.

Namun efektifkah penggunaan bahan ini untuk mengatasi luka bakar?

Dilansir dari merdeka.com, Senin (9/12/2019), tim Health Liputan6.com melakukan Cek Fakta Kesehatan dengan bertanya pada pakar terkait mentega dan luka bakar. Sesungguhnya, upaya pertolongan pertama luka bakar menggunakan mentega itu keliru.

Dokter Umum dan Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, Felix Samuel menekankan, cara tersebut justru makin memperparah luka bakar.

"Pas tersiram minyak panas, jangan obati luka bakar pakai mentega ya. Bukan sembuh nanti, jadinya makin iritasi dan menambah peradangan. Ujung-ujungnya kena infeksi," tegas Felix dalam sebuah pertemuan diskusi di Bogor, Jawa Barat.

Mengolesi luka bakar dengan mentega menimbulkan infeksi pada jaringan.

Gunakan Air Bersih Mengalir
Felix menambahkan, cara tepat menangani luka bakar dengan membilas air bersih mengalir.

"Bilaslah luka bakar dengan air bersih mengalir, terleboh lagi kalau muncul bengkak. Membersihkan dengan air mengalir akan mendinginkan permukaan jaringan," jelasnya.

Keringkan luka bakar dengan kain atau handuk yang bersih. Jika luka bakar cukup parah, setelah dibersihkan dengan air mengalir, Anda dapat pergi ke fasilitas kesehatan untuk pengobatan lebih lanjut.

Salep Khusus
Untuk penanganan luka bakar di fasilitas kesehatan, ada salep atau krim khusus yang akan diberikan kepada pasien. Setelah luka bakar dibersihkan, salep khusus dioleskan ke area luka bakar.

"Salep khusus buat luka bakar berperan sebagai antibiotik dan zat yang bisa merangsang pertumbuhan jaringan penyembuhan," ujar Felix yang berpraktik di RSPI - Pondok Indah.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA