Bahaya Jika Makan Terlalu Cepat, Biasakan Kunyah Makanan Secara Perlahan

Ragam

Minggu, 8 Desember 2019 | 10:31 WIB

191208103855-bahay.jpg

goodtoknow.com

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda dalam hal mengunyah makanan, apakah itu makanan pokok seperti sarapan, makan siang atau makan malam, ataupun hanya cemilan.

Sebagian pekerja keras dan orang yang disiplin cenderung makan cepat, tapi ada orang juga orang yang berlama-lama dalam menikmati makanan sehingga waktu yang digunakan beberapa kali lebih lama dari kebanyakan orang.

Tapi tahukah, bahwa pola makan cepat berdampak tidak baik bagi kesehatan?.

Dilansir dari Pink Villa, Minggu (8/12), orang yang makan dengan cepat berisiko terkena penyakit tertentu. Itu karena mereka menelan makanan dan tidak mengunyahnya perlahan dan benar. Karena itu cobalah mengunyah dengan perlahan. Sebab makan dengan cepat akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

1. Mendorong Makan Berlebihan

Ketika makan terlalu cepat, Anda tidak memperhatikan berapa banyak yang dimakan. Makan berlebihan menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Ketika makan dengan cepat, otak tidak diberi waktu untuk menyadari bahwa perut sudah kenyang dan kelebihan kalori.

2. Kegemukan

Obesitas adalah salah satu masalah yang terjadi pada orang-orang yang makan dengan cepat. Orang gemuk biasanya disebabkan pola makan yang buruk dan kurangnya aktivitas fisik. Penyebab lainnya karena mereka tidak mengunyah makanan dengan perlahan.

3. Gangguan Pencernaan

Orang yang makan cepat, menelan makanannya tanpa mengunyahnya dengan benar akan membuat perut sakit. Akibatnya menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

4. Diabetes

Ketika makan dengan cepat, dan hal itu terus menerus dilakukan, maka bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh. Dalam jangka panjang menyebabkan resistensi insulin. Kondisi resistensi insulin dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah atau diabetes.

5. Sindrom Metabolik

Resistensi insulin terkait dengan sindrom metabolik meningkatkan risiko tidak hanya diabetes tetapi juga penyakit jantung dan stroke. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang makan dengan cepat cenderung memiliki pinggang lebih besar dan kadar kolesterol HDL yang rendah.

Editor: Asep Thea

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA