Waduh, Ternyata Durian Punya 5 Fakta yang Mengerikan

Ragam

Senin, 18 November 2019 | 21:19 WIB

191118212012-waduh.jpeg

detik.com

Ilustrasi buah durian


SIAPA yang tak kenal dengan durian? Buah dengan lapisan kulit berduri ini telah menjadi buah favorit bagi banyak orang, khususnya di Indonesia.

Kehebatan rasa buah dengan julukan 'Raja Buah', mampu membuat orang ketagihan untuk terus memakannya. Di Indonesia, begitu mudah mendapatkan buah ini, apalagi saat musimnya tiba. Biasanya, durian dari Sumatera dan Kalimantan yang kerap dijagokan.

Sayangnya, dibalik rasanya yang lezat dan kaya akan mineral serta vitamin, seperti dilansir viva.co.id, ternyata buah ini juga memiliki beberapa fakta mengerikan di balik rasanya yang lezat. Apakah Anda ingin tahu tentang fakta-fakta mengerikan ini? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan kadar gula darah
Buah durian mengandung glukosa yang cukup tinggi dan tentunya akan berbahaya jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Mengapa? Karena kadar glukosa dalam durian cukup tinggi sehingga membuat kadar gula darah naik. Jika Anda mengonsumsi dalam jumlah besar akan memicu peningkatan glukosa yang signifikan dalam tubuh Anda. Ini tentu akan menempatkan Anda pada risiko diabetes.

2. Gangguan pada saluran pencernaan
Mengonsumsi terlalu banyak durian juga dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan. Mengapa? Karena buah durian tinggi serat makanan. Ini akan menyebabkan perut kembung dan sendawa bagi orang yang sensitif.

3. Memicu kolesterol
Buah musiman dengan rasa manis dan lezat memiliki kadar kolesterol cukup tinggi. Anda tidak boleh mengonsumsinya terlalu banyak. Karena jika Anda terlalu banyak mengonsumsi akan meningkatkan kadar kolesterol dan asam lambung. Ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya membuat Anda berisiko kolesterol.

4. Memicu obesitas
Buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini juga dapat menempatkan Anda pada risiko obesitas jika Anda mengonsumsi terlalu banyak. Mengapa? Karena durian mengandung kalori dan karbohidrat tinggi. Jika Anda mengonsumsi dalam jumlah besar akan membuat asupan kalori dalam tubuh Anda menjadi berlebihan dan membuat berat badan Anda akan meningkat secara signifikan. Ini tentu saja bisa membuat Anda berisiko obesitas.

5. Berbahaya untuk penderita hipertensi dan gagal jantung
Makan durian dengan jumlah berlebih sangat berbahaya bagi penderita hipertensi dan gagal jantung. Karena kandungan alkohol yang tinggi dalam durian dapat meningkatkan tekanan darah yang sangat berbahaya bagi penderita hipertensi. Tekanan darah ini juga berbahaya bagi jantung. Mengapa? Karena tekanan darah bisa memicu peningkatan detak jantung sehingga bisa memicu gangguan pada jantung.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA