Tak Ada Bonus Uang, Bos Kosmetik Cuci Kaki Karyawan Berprestasi

Ragam

Rabu, 13 November 2019 | 13:00 WIB

191113101805-catat.jpg

dailymail


Tak hanya bonus uang, apresiasi bisa diberikan dalam bentuk apa saja untuk karyawan berprestasi. Tapi sepertinya apa yang dilakukan petinggi sebuah perusahaan di Negeri Tirai Bambu ini jauh dari bayangan siapa pun. Seperti yang terlihat dalam klip yang kemudian viral para bos perusahaan ini mengapresiasi keberhasilan karyawan dengan membasuh kaki mereka.

Dikutip dari DailyMail beberapa waktu lalu, seperti yang terlihat dalam video dimaksud presiden sebuah perusahaan kosmetik yang tak disebutkan namanya juga sejumlah eksekutif perusahaan terlihat membungkuk memberikan hormat pada delapan orang karyawan yang duduk berjejer di atas panggung.

Yes or no?

See it for yourself..

Setelah itu satu per satu menaiki panggung lalu melepas sepatu dan kaus kaki para karyawan tadi sebelum kemudian membasuh kaki mereka. Laporan media lokal menyebut perlakuan khusus tersebut diterima karyawan yang berhasil mencatatkan penjualan tertinggi. Prosesi dilakukan awal bulan ini di Jinan, Provinsi Shandong.

Dikutip dari kanal Star Video yang berafiliasi dengan Changsa Legal Channel, para petinggi perusahaan kosmetik tersebut rela membasuh dan membersihkan kaki karyawan dalam baskom dengan disaksikan kolega untuk mengangkat moral mereka. Menanggapi video viral kali ini netizen pun terbelah.

Disaksikan seluruh karyawan.

Tak sedikit yang mempertanyakan motif para bos para karyawan tersebut. Ada juga yang menyebutnya konyol dan sangat tidak berfaedah. Meski ada juga yang menganggapnya sebagai bentuk penghormatan. Seorang pengguna Weibo, platform sejenis Twitter Cina mengatakan, “Ini cara mengucapkan terima kasih dan aku tak melihatnya berlebihan. Aku tak akan keberatan melakukannya pada siapa pun yang menghasilkan uang banyak untukku.”

Sementara pengguna Weibo lainnya yang tak sepakat menyebut, “Siapa yang punya ide murahan membasuh kaki orang di siang bolong seperti ini? Siapa pula yang menganggapnya keren?” Ada juga yang curiga jika praktik ini sengaja dilakukan agar para bos tak harus merogoh kocek untuk uang bonus. “Ini kelakuan bos yang licik. Membasuh kaki karyawan hingga mereka tak bisa menuntut penghargaan berupa materi..”

Hmm..

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA