Ketahuilah, Hal-hal Sepele Ini yang Bisa Membuat Kamu Mandul

Ragam

Senin, 11 November 2019 | 12:40 WIB

191111123758-ketah.jpeg


MEMILIKI momongan merupakan salah satu hal yang menjadi impian bagi banyak pria yang telah menikah. Memiliki keturunan bisa menjadi cara untuk melengkapi keluarga.

Gangguan hormonal seringkali menjadi tersangka utama yang disalahkan akan adanya kemandulan atau kesulitan dalam memiliki anak. Sayangnya, banyak sekali orang yang tak menyadari bahwa kondisi tersebut tak semata-mata disebabkan oleh hormon.

Sejumlah hal ternyata bisa menjadi penyebab kemandulan atau masalah reproduksi yang dialami pria. Beberapa hal yang terjadi pada tubuhmu sehari-hari bisa menjadi penyebab jadinya masalah ini.

Mulai dari rutinitas kerja hingga pembungkus organ vital, semua hal tersebut bisa jadi penyebab kemandulan. Dilansir dari The Health Site dan merdeka.com, Senin (11/11/2019), berikut sejumlah hal sepele yang bisa membuat pria menjadi mandul.

Sabun
Adanya triclosan, bahan yang umum digunakan dalam sabun mandi ini telah dikaitkan dengan kemandulan atau kesulitan memiliki anak dan beberapa kondisi hormonal lainnya. Jadi, pastikan kamu memilih sabun yang bebas dari triclosan untuk mencegah diri dari kemandulan agar bisa memiliki anak.

Penggunaan Laptop
Tuntutan pekerjaan telah membuat penggunaan laptop secara besar-besaran kini tak bisa dihindari. Namun kamu perlu mewaspadai radiasi di dalamnya terutama ketika menggunakannya sambil dipangku. Hal ini bisa memicu terjadinya kemandulan pada diri seseorang.

Rokok
Jika kamu adalah seorang perokok, maka sebaiknya sekarang kamu memutuskan untuk berhenti secara perlahan. Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari British Medical Association menemukan bahwa perokok memiliki tingkat kesuburan reproduksi yang lebih rendah sekitar 10-40 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Permen
Ini adalah salah satu makanan yang cukup populer. Hanya saja,mengonsumsi permen terlalu banyak permen dapat mendatangkan malapetaka pada sistem endoktrin dan dapat menyebabkan kemandulan atau membuat kamu sangat sulit memiliki anak.

Celana Dalam yang Terlalu Ketat
Khusus bagi pria, menggunakan celana dalam yang terlalu ketat memberi efek yang negatif bagi kesehatan reproduksi kamu. Skrotum membutuhkan tempat yang dingin untuk memproduksi sperma yang optimal. Menggunakan celana dalam terlalu ketat tak memungkinkan kamu untuk mendapatkan sperma yang optimal.

Sejumlah hal tersebut bisa tanpa kamu sadari bisa memberi efek yang berbahaya bagi kesuburan reproduksi. Sebisa mungkin hindari sejumlah hal tersebut untuk menghindari terjadinya kemandulan.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA