Dadang Kurnia : Perekrutan Pemain Persib Jangan Beli Kucing dalam Karung

Persib

Selasa, 14 Januari 2020 | 17:47 WIB

200114174849-dadan.jpg

LANGKAH Persib yang masih menguji Wander Luiz dan Joel Vinicius dinilai tepat oleh mantan pemain Persib, Dadang Kurnia. Seperti diketahui Persib sempat dianggap gagal saat menghadirkan Kevin Van Kipersluis pada pertengahan Liga I musim 2019.

Dadang berharap, perekrutan pemain yang akan dilakukan  tidak terkesan seperti membeli kucing dalam karung. Sehingga ia mendukung langkah-langkah pengujian yang sedang ditempuh, termasuk nanti di turnamen pramusim Asia Challange 2020 Malaysia.

Melalui laman resmi Persib, baik Wander maupun Joel baru saja menjalankan tes medis (medical test). Keduanya mendapatkan pengawasan dari tim dokter Persib saat melakukan pemeriksaan kesehatan pada Selasa (14/1/2020) pagi.

"Jelas harus diuji dulu. Merekrut pemain harus dilengkapi dengan kejelasan medis dan uji coba di lapangan. Jadi jangan dulu berharap terlalu besar," katanya saat dihubungi galamedianews.com.

Lanjut Dadang, layak dan tidaknya seorang pemain untuk bergabung di dalam sebuah tim, tidak dapat diukur dari pencapaian sebelumnya. Tetapi bagaimana ia bisa bekerjasama dan menyatu dengan tim yang akan ditempati.

Eks pemain klub Liga Utama Vietnam (V-League), Wander Luiz diketahui sudah mencatatkan sebelas gol dari 24 laga ketika memperkuat Becamex Binh Duong. Serupa dengan rekan senegaranya Joel Vinicius saat membela dua klub sebelumnya di V-League, Ho Chi Minh City dan Song Lam Nghe Ahn FC.

"Tidak bisa dengan sekadar melihat track record sebelumnya saja, belum lagi dengan skill, apakah dia nanti bisa padu dengan tim dan sesuai ekspektasi bobotoh atau tidak, ya mungkin nanti akan terlihat di turnamen pramusim itu," katanya.

Berbeda dengan Ezzechiel N'Doassel, pemain yang sedang dikabarkan ingin hengkang dari Persib itu, disebut sudah mengetahui kondisi tim dan karakter permainan sepak bola Indonesia.

Maka ia cukup menyayangkan jika King Eze, sapaan akrabnya, dilepas dimusim ini.

"Kalau Ezechiel kan tinggal merubah attitudenya, saya yakin dia bisa berkontribusi banyak bagi Persib, susah untuk menyamakan persepsi karena ini tim, perlu adaptasi," katanya.

Di luar itu dokter tim Persib, Raffi Ghani, menyebut jika Wander serta Vinicius memiliki kondisi fisik yang prima.

"Hasilnya bisa dilihat sebentar lagi. Tapi, setelah dilakukan pemeriksaan keseluruhan, kondisi pemain ini bisa dibilang sangat baik. Tidak ada masalah," ujar Raffi dikutip dari laman resmi Persib.

Tidak hanya itu, Raffi menambahkan, duo Brasil yang sebelumnya bermain di Liga Utama Vietnam (V-League) ini tak memilik riwayat cedera yang berat.

"Ya, intinya kita lihat hasil dari laboratorium nanti. Sejauh ini semuanya oke-oke saja," paparnya.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA