558 Orang Bersaing di Pilkades Serentak KBB

Pemilu

Kamis, 14 November 2019 | 13:53 WIB

191114135422-558-o.jpg

Dicky Mawardi


SEBANYAK 558 calon kepala desa di Kabupaten Bandung Barat bertarung dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) yang dilaksanakan di 112 desa. Tercatat ada 43 calon perempuan yang maju dalam pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung Barat mengungkapkan, terdapat 42 desa yang jumlah bakal calonnya di atas lima orang.  Total yang mendaftar di 42 desa tersebut 309 bakal calon.

"Sehingga harus dilakukan seleksi karena sesuai aturan batas maksimal lima calon perdesa. Untuk proses seleksi oleh tim independen dari Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani)," ungkap Wandiana di Ngamprah,  Kamis (14/11/2019).

Hasil seleksi meloloskan 210 orang calon, sedangkan yang gagal sebanyak 96 orang. Di sisi lain, terdapat 70 desa yang jumlah calonnya di bawah lima orang, diikuti 348 calon.

Wandiana menambahkan,  masa kampanye dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 18,19 dan 20 November. Dilanjutkan masa tenang selama tiga hari mulai 21, 22 dan berakhir 23 November.

"Kampanye merupakan  salah satu  kegiatan yang dilakukan oleh calon kepala desa untuk meyakinkan para pemilih dalam rangka mendapatkan dukungan.  Menjadi  kesempatan bagi para calon untuk menyampaikan visi dan misi bila terpilih sebagai kepala desa," paparnya.

Wandiana menjelaskan,  metode kampanye  yang akan diterapkan harus mempertimbangkan kondisi sosial budaya masyarakat. Meliputi pilihan bentuk kampanye yaitu  pertemuan terbatas, tatap muka, dialog/debat kandidat, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga di tempat kampanye dan di tempat lain yang ditentukan oleh panitia pemilihan tingkat desa serta  kegiatan lain yang tidak melanggar peraturan perundang-undangan.


Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA