Ingin Merasakan Syuting Film "Heart", Datanglah ke Kawah Putih

Pariwisata

Minggu, 8 Desember 2019 | 17:18 WIB

191207080137-ingin.jpg

KAWASAN Bandung Selatan selama ini sudah cukup dikenal dengan berbagai potensi objek wisata yang dimilikinya. Walaupun kebanyakan objek wisata yang ada di kawasan Bandung Selatan didominasi oleh objek wisata alam, namun bukan berarti keberadaan jenis objek wisata lainnya tidak memberi warna bagi pertumbuhan dan perkembangan objek wisata yang ada di kawasan ini.

Dengan panorama alamnya yang begitu memikat, siapa pun pasti akan mengatakan kawasan Bandung Selatan ini sangat potensial sekali menjadi kawasan wisata. Apalagi di sepanjang kawasan ini ditemukan cukup banyak objek wisata yang keindahannya tidak kalah dibandingkan dengan sejumlah objek wisata yang terdapat di Jawa Barat.

Salah satu kawasan wisata yang patut diperhitungkan keberadaannya berkenaan dengan objek wisata yang ada di Bandung Selatan ini, adalah objek wisata Kawah Putih. Objek wisata yang dipakai sebagai tempat syuting film "Heart" yang dibintangi Nirina Zubir ini, walaupun terbilang kurang begitu dikenal oleh wisatawan, namun potensi yang dimilikinya tidak kalah dengan objek-objek wisata populer di kawasan Bandung Utara, seperti Tangkubanparahu, Ciater dan lain-lain.

Memang, sekilas ketika ditanyakan tentang keberadaan objek wisata Kawah Putih ini, orang terlebih dahulu akan mengernyitkan dahi sebelum menjawab pertanyaan tersebut. galamedianews pun awalnya tak percaya tentang keindahan panorama alam yang ditawarkan objek wisata Kawah Putih kalau tidak menyaksikannya secara langsung.

Setelah menyaksikan sendiri bagaimana panorama alam yang terdapat di kawasan wisata Kawah Putih ini, barulah orang akan sadar betapa indah dan menakjubnya kawasan wisata tersebut. Keasrian dan kealamian yang dimiliki objek wisata ini, bak mutiara tersembunyi di hutan-hutan tropis. Amat sulit untuk melukiskannya dengan kata-kata.

Objek wisata yang terletak di Ciwidey atau sekitar 44 kilometer dari kota Bandung ini, menyimpan potensi tersembunyi. Banyak hal yang terdapat di objek wisata ini, ternyata belum seutuhnya diketahui oleh wisatawan. Hutannya yang kelihatan masih cukup rimbun, memiliki nuansa tersendiri bagi mereka yang menyukai kedekatan dengan alam.

Selain itu, hawanya yang terbilang masih sejuk seakan-akan mengajak kita untuk terus bersanding dengan kawasan wisata Kawah Putih ini. Sehingga hampir dapat dikatakan, semua hal yang ada di kawasan Kawah Putih ini seperti menyimpan keunikan dan keunggulan tersendiri untuk dinikmati.

Dalam banyak hal memang agak sulit membedakan kawasan wisata alam yang ada di Jawa Barat. Namun keunikan dan keistimewaan dari objek wisata Kawah Putih ini adalah kondisi kawahnya yang begitu berbeda dengan kebanyakan kawah pegunungan yang ada di Jawa Barat.

                                          Seperti salju

Menyusuri kawasan objek wisata Kawah Putih ini, memang memiliki keasyikan tersendiri. Bagaimana tidak, kawasan yang dipenuhi dengan hutan rimbun dan panorama alam yang begitu memikat ini, ternyata memiliki kawah berwarna putih seperti layaknya salju yang setiap tahun selalu menutupi sejumlah negara-negara di kawasan Eropa.

Aneh memang, tapi itulah kenyataan yang terjadi di objek wisata Kawah Putih ini. Fenomena alam yang merupakan suatu keajaiban yang dimiliki salah satu objek wisata yang ada di Jawa Barat ini, kiranya perlu mendapat perhatian khusus dari semua pelaku industri pariwisata yang ada di Jawa Barat.

Dengan modal yang dimilikinya tersebut, tak ayal lagi kawasan objek wisata Kawah Putih ini akan memiliki nilai lebih dibanding­kan objek wisata sejenis yang ada di Jawa Barat. Kalau kebanyakan objek lain menawarkan keindahan panorama alam, objek wisata Kawah Putih memberikan nuansa lain, yaitu menawarkan panorama alam plus kawahnya yang begitu menakjubkan.

Seperti layaknya hampir kebanyakan objek wisata yang ada di Jawa Barat, objek wisata Kawah Putih ini pun hanya ramai dikunjungi pada hari-hari libur. Namun bukan berarti objek wisata ini tidak melayani pengunjung selain hari libur. Pada hari-hari biasa pun, pengunjung yang datang ke objek wisata Kawah Putih ini selalu ada, tapi jumlahnya relatif lebih kecil dibandingkan dengan liburan akhir pekan.

Dengan perbandingan jumlah pengunjung yang begitu berbeda, nampaknya perlu diambil langkah-langkah tertentu dalam menyosialisasikan keberadaan objek wisata Kawah Putih ini. Apalagi dalam banyak hal, kawasan wisata Kawah Putih di Bandung Selatan ini memiliki modal untuk dijadikan objek wisata unggulan, bukan hanya di Jawa Barat melainkan pula untuk tingkat nasional.

                           Cenderamata dan makanan khas     

Bagi mereka yang sudah pernah mengunjungi objek wisata Kawah Putih, di sekitar kawah pasti akan ditemukan aneka kios cenderamata dan makanan khas Jawa Barat. Walaupun jumlah kios cenderamata dan makanan khas yang ada di kawah ini tidak sebanyak dibandingkan dengan jumlah kios cinderamata yang ada di kawasan wisata Tangkubanparahu dan Maribaya, namun nuansa yang ditawarkan kawasan ini terasa sedikit berbeda.

Selain terdapat kios cinderamata dan makanan khas Jawa Barat, di sekitar kawah ini pun akan ditemukan sejumlah fasilitas pendukung lainnya, berupa tempat beristirahat dan sarana jalan yang cukup memadai untuk kegiatan pariwisata. Walaupun tidak ada angkutan umum yang sampai hingga ke kawasan objek wisata ini, namun cukup banyak angkutan umum yang siap dirental dari Bandung maupun kawasan Ciwidey.

Biasanya kebanyakan pengunjung yang datang ke kawasan objek wisata Kawah Putih ini, selain ingin menyaksikan keindahan panorama alam yang ditawarkan objek wisata tersebut, juga untuk menyaksikan dari dekat kondisi kawah yang konon katanya berwarna putih. Rasa penasaran inilah yang membuat banyak pengunjung merasa terpanggil untuk menyaksikan dari dekat keberadaan objek wisata di kawasan Bandung Selatan tersebut.

Bagaimanapun, nuansa alamnya yang begitu khas dengan kawahnya yang berwarna putih seperti salju, memiliki fenomena alam yang begitu memikat bagi para pengunjung yang masih penasaran terhadap objek wisata ini. Sedangkan bagi mereka yang sudah pernah datang ke objek wisata Kawah Putih, rasa-rasanya ada keinginan untuk mengulang kunjungannya untuk yang kedua kalinya.

Tanpa menggurui penikmat wisata alam, ada baiknya jika anda mencoba menyaksikan sendiri bagaimana fenomena alam yang ditawarkan objek wisata Kawah Putih ini. Bila anda merasa senang dan betah akan keindahan alam yang ditawarkan objek wisata tersebut, jangan lupa untuk menceritakannya kepada keluarga dan relasi anda, karena kunjungan berikutnya akan terasa lebih berkesan lagi.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA