Menuju Desa Wisata, Kades Terpilih Ajak Akademisi Lakukan Kajian

Pariwisata

Rabu, 20 November 2019 | 14:58 WIB

191120145943-menuj.jpg


CALON Kepala Desa Citaman terpilih Yayan Heryana mengajak akademisi untuk mengkaji wilayah Desa Citaman Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung untuk menuju desa wisata. Hal itu erat kaitannya dengan visi Desa Citaman menuju desa wisata dengan berbagai potensi yang ada.

"Secara geografis Desa Citaman sangat diuntungkan karena berada pada jalur lintasan utama jalan nasional. Selain itu, didukung keadaan alam dan dekat dengan hutan pinus. Selain itu memiliki banyak mata air, dan Desa Citaman juga terkait dengan sejarah Kerajaan Kendan," kata Yayan di Desa Citaman, Rabu (20/11/2019).

Yayan menuturkan, faktor budaya dan potensi sumber daya manusia juga bisa diarahkan untuk disiapkan ke arah desa wisata.

"Dan yang paling utama bahwa Desa Citaman memiliki tanah carik desa yang potensial dan luas. Ada kurang lebih seluas 48 hektare tanah carik yang merupakan aset desa," jelasnya.

Menurutnya, dengan berbagai potensi wilayah itu, pihaknya akan fokus terhadap percepatan pembangunan di desa wisata.

"Pengembangan desa wisata itu sebagai solusi untuk menjawab persoalan perekonomian warga setempat. Dengan mewujudkan desa wisata diharapkan terjadi interaksi ekonomi dari pengunjung wisata dengan para pelaku usaha maupun warga di Desa Citaman," harapnya.

Untuk menuju percepatan pembangunan pariwisata di Desa Citaman, katanya, diperlukan langkah awal yakni penyusunan RPJMdes. Sebagai tahap awal, Yayan mengatakan, harus dilakukan kajian secara menyeluruh  yang dilakukan oleh lembaga yang mumpuni dalam hal pembangunan desa wisata.

"Lebih penting lagi, spasial tata ruang wilayah Desa Citaman yang disiapkan untuk desa  wisata. Sebagai desain perencanaan awal," katanya.


Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA