Ini Dia Tujuh Wisata Bahari yang Belum Diketahui Wisatawan Domestik

Pariwisata

Selasa, 12 November 2019 | 13:54 WIB

191112130230-ini-d.jpg


INDONESIA terkenal dengan wisata baharinya yang memesona. Pulau tropis dan pantai jernih dengan keindahan bawah laut kepunyaan Indonesia memang selalu menjadi tujuan wisata favorit turis mancanegara.

Namun ternyata ada juga kawasan wisata bahari berpotensi besar yang belum banyak diketahui, bahkan oleh wisatawan domestik sekalipun. Berikut ini beberapa di antaranya.

Pantai Blanakan
Pantai Blanakan di Subang Jawa Barat, termasuk kawasan wisata bahari yang menyimpan potensi besar. Dibalut panorama alam hutan yang memukau, membuat pantai andalan Subang ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Sebelumnya, keberadaan dan keindahan Pantai Blanakan belum banyak dilirik orang.

Karena itulah, Kementerian Pariwisata terus memberikan dukungan kepada Pemerintah Subang untuk fokus menggarap potensi pantai tersebut sebagai tujuan wisata. Dilansir dari dream.co.id, selain menyuguhkan panorama alam indah, pantai Jawa bagian utara ini juga menawarkan sensasi pengalaman menikmati kearifan lokal yang unik.

Beragam pertunjukan seni dan budaya dapat dijadikan tontonan menarik bagi para wisatawan yang datang. Contohnya, ritual upacara Nadran yang kerap digelar masyarakat Blanakan sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.

Di Pantai Blanakan wisatawan juga dapat berwisata kuliner, dengan menyantap ikan segar yang dipilih dan dibeli langsung dari tempat pelelangan. Berwisata kuliner di pantai ini akan terasa semakin nikmat karena dibumbui dengan keramahan masyarakat pesisir.

Selain memiliki garis pantai, Blanakan pun menyimpan hutan mangrove. Belakangan ini, masyarakat setempat bersama KUD Mandiri Mina Karya Bhukti Blanakan kini tengah berupaya mengembangkan potensi wisata tersebut.

Pengembangan ekowisata ini akan dipadukan dengan budidaya ikan sitem silvofishery yaitu memelihara ikan di dalam area hutan mangrove dengan maksud menjaga kelestarian hutan mangrove tersebut.

Pulau Pahawang
Pahawang termasuk objek wisata bahari unggulan di Lampung. Pulau yang terkenal dengan keindahan alam baharinya ini masuk dalam kawasan Kecamatan Panduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan.

Untuk sampai di kawasan Pulau Pahawang, dari pusat Kota Bandar Lampung menempuh jarak sekitar 25 km atau 2 jam perjalanan darat menuju Pelabuhan Ketapang. Dari pelabuhan yang ramai perahu dan aktivitas nelayan ini, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu boat selama 40 menit.

Dilansir dari laman Pesona Indonesia, ada lokasi wisata Tanjung Putus yang unik di Pulau Pahawang Kecil. Tanjung Putus merupakan sebuah jembatan yang hanya akan muncul saat air laut surut. Keberadaannya akan menghilang saat air pasang. Di tempat ini Anda bisa melakukan snorkeling atau sekadar bermain air dari ombak yang tenang.

Waktu terbaik untuk datang ke kawasan wisata bahari ini adalah pada Mei hingga Agustus. Sebisa mungkin hindari datang ke Pulau Pahawang saat September hingga Desember karena angin baratnya besar sehingga ombak di sana lebih ganas.

Kepulauan Mandeh
Kepulauan Mandeh terletak di Pesisir selatan, atau sekitar 65 km dari kota Padang, Sumatera Barat.

Meski waktu tempuh untuk sampai ke lokasi ini tidak sebentar, tapi keindahan panorama alam yang ditawarkan mampu membayar lunas rasa lelah di perjalanan.

Setidaknya ada delapan spot menyelam di sekitar Mandeh, yang terletak di utara pulau Cubadak, Pagang, Seronjok, dan lain-lain. Selain terumbu karang yang masih alami, di spot menyelam juga terdapat bangkai kapal Belanda yang tenggelam. Spot dengan kedalaman hingga 27 meter ini menjadi tempat yang ideal untuk para penyelam profesional.

Pulau Kapoposang
Nama Pulau Kapoposang mungkin belum banyak diketahui, padahal bagi para penggemar diving, Kapoposang adalah salau satu spot terbaik di Indonesia. Terletak di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan kawasan ini memiliki keindahan bahari yang dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Terdapat biota laut dan 14 spot diving yaitu Januar point, Aquarium Point, dan Tanjung Point. Anda juga bisa merasakan sensasi menyelam bersama hiu. Tak heran jika tempat ini menjadi surga bagi para penyelam. Jadi, jangan ragu lagi, masukkan Pulau Kapoposang ke dalam daftar wisata bahari Anda.

Pulau Rote
Pulau Rote terletak di bagian paling selatan Indonesia yaitu Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pulau eksotis ini menyimpan banyak sejarah yang bisa Anda pelajari seperti Porselen China dan seni musik Sasando.

Kalau Anda suka berselancar, pulau ini adalah pilihan yang sangat tepat. Kawasan yang terdiri dari puluhan pulau dengan enam pulau berpenghuni ini terkenal sebagai salah satu 'surganya' pantai dan laut di Indonesia.

Pantai Nemberala di Desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, menjadi juara pada kategori Most Popular Surfing Spot dalam Anugerah Pesona Indonesia 2016. Pantai ini dinilai berkelas dunia karena keramahan ombaknya bagi peselancar.


Taka Bonerate
Belum banyak yang tahu kalau Sulawesi Selatan memiliki surga tersembunyi di Taka Bonerate. Bukan sekedar Taman Nasional, tempat ini memiliki alam bawah laut yang sangat indah.Terletak di kabupaten Selayar, tempat ini sangat cocok untuk Anda yang hobi diving dan snorkeling. Taka Bonerate juga memiliki banyak spot menyelam yaitu sebanyak 50 titik selam.

Tempat ini juga dikenal dengan terumbu karangnya serta berbagai spesies langka seperti penyu hijau, penyu sisik dan penyu belimbing Pasifik. Taka Bonerate tergolong wilayah atol paling besar ketiga di dunia setelah Maldives dan Kepulauan Marshall.

Memiliki air laut sebening kristal, Taka Bonerate memiliki terumbu karang yang masih asri dan terawatt, serta lebih dari 242 hamparan karang memenuhi dasar laut.

Destinasi wisata bahari ini masih jarang dikunjungi wisatawan karena akses perjalanannya yang cukup panjang. Untuk mencapai Taman Nasional Taka Bonerate Anda harus menempuh perjalanan 10 jam dari kota Makassar.Tapi tak usah khawatir, rasa lelah Anda akan terbayar begitu menginjakan langkah pertama di Taman Nasional Taka Bonerate.


Pulau Widi
Terletak di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, pulau kecil ini menyimpan potensi wisata bahari yang belum dilirik wisatawan lokal maupun internasional. Keindahannya sebanding dengan Kepulauan Maladewa yang sangat terkenal itu.

Memiliki pasir putih dan udara segar bebas polusi yang membuat pulau Widi ini menjadi lokasi yang tepat untuk berwisata.Suasana yang tenang menjadikan pulau ini sebagai tujuan utama kalau ingin beristirahat dari hiruk pikuk perkotaan dan rutinitas sehari-hari.Kawasan wisata ini pas untuk menyelam, snorkeling dan memancing.

Demikian kawasan-kawasan wisata bahari di Indonesia yang belum banyak diketahui.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA