Iklan Teranyar Picu Kontroversi, Volkswagen Langsung Meminta Maaf

Otomotif

Jumat, 22 Mei 2020 | 10:50 WIB

200522103358-iklan.jpg

dailymail

Produsen otomotif raksasa Jerman, Volkswagen akhirnya meminta maaf menyusul hujan kritik terkait viral iklan terbaru mereka. Seperti yang terlihat dalam klip di media sosial iklan terantar VW tersebut dianggap rasis.

Dikutip dari DailyMail kemarin, iklan resmi dirilis Volkswagen melalui akun Twitter dan Instagtram. Berdurasi sepuluh detik dalam klip terlihat bagaimana jari raksasa "mencomot" pria berkulit berwarna yang hendak mendekati VW berwarna kuning yang terparkir di depan kafe.

Konsep ini dinilai merendahkan warga kulit berwarna yang terkesan tak pantas memiliki produk klasik tersebut. Tak hanya itu, warganet pun mendapati kafe Prancis di mana mobil terparkir ternyata bernama Petit Colon atau Koloni Kecil.

Menanggapi kemarahan netizen pihak Volkswagen akhirnya merilis pernyataan maaf resmi. Mereka mengaku memahami kontroversi yang terjadi dan menyebut iklan dimaksud sangat tidak pantas. Pihak VW pun menegaskan akan menelusuri bagaimana konsep iklan bisa lolos.

Volkswagen yang awalnya diproduksi di Wolfsburg didirikan di era Nazi dengan slogan "mobil warga" tanpa kecuali. Pihak VW menyebut tak ada ruang bagi rasisme, diskriminasi dan xenofobia.

"Selama ini kami bekerja dengan semangat keberagaman, integrasi dan kerja sama dengan banyak pihak tanpa prasangka. Jadi insiden ini sangat mengganggu kami," demikian kutipan pernyataan VW.

Ok.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA