Sejak Diperkenalkan, Penjualan Avanza Sudah Mencapai 1,8 Juta Unit

Otomotif

Kamis, 12 Desember 2019 | 19:37 WIB

191212194111-sejak.jpg

SEJAK diperkenalkan pertama kali akhir 2003, Toyota Avanza sudah terjual lebih dari 1,8 juta unit sampai sekarang.

Bahkan, pada 2019 angka penjualan Avanza tumbuh sebesar 6,9 persen dibandingkan tahun lalu, di tengah penurunan permintaan pasar sebesar 11,1 persen pada segmen Low Multi-Purpose Vehicle (MPV).

"Avanza kini tampil lebih modern tetap tumbuh sebesar 6,9 persen di akhir 2019 ini. Terima kasih banyak kami ucapkan kepada pelanggan, khususnya kepada lebih dari 1,8 juta pengguna Avanza yang semakin memberikan kepercayaan kepada Avanza," ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/12/2019).

Lebih jauh, Anton Jimmi Suwandy yang pada awal karirnya di Toyota juga turut berkiprah dalam melahirkan Avanza menambahkan bahwa produk ini tidak hanya tampil fenomenal di sisi pencapaian, namun mampu membuat segmen Low MPV menjadi sangat besar.

"Pasar Low MPV berkembang sangat pesat semenjak Avanza muncul. Satu tahun sebelum Avanza muncul, pasar Low MPV hanya berkisar 5 ribuan unit. Namun setelah Avanza muncul pasar Low MPV, naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir 2004. Bahkan, pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit," kata Anton Jimmi Suwandy.

Seiring respon positif terhadap Avanza, Toyota terus melakukan peningkatan pada performa, kenyamanan, fitur safety dan tampilan Avanza untuk mengikuti kebutuhan konsumen. Alhasil lahirlah generasi ke-2 Avanza pada 2011 dan Grand New Avanza-Veloz pada 2015.

Tak berhenti di situ, peningkatan juga dilakukan pada Avanza-Veloz di awal 2019 ini. Tampilan New Avanza menjadi lebih modern dan tampilan New Veloz menjadi lebih stylish.

Selain itu, Toyota juga meningkatkan level kenyamanan pada New Avanza dan New Veloz dengan menambahkan peredam suara di beberapa bagian mobil sehingga tingkat kebisingan yang masuk ke dalam kabin mobil dapat berkurang secara signifikan.

"Kami bersyukur berbagai bentuk improvement yang kami lakukan dapat senantiasa memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan yang kian dinamis. Berbagai masukan yang diberikan oleh pelanggan setia Avanza, memberikan dorongan bagi kami untuk senantiasa meningkatkan performa Avanza baik dari sisi durability, kenyamanan, dan keamanan," tambah Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM.

Sepanjang perjalanannya, penjualan Avanza sebenarnya tidak sepenuhnya mulu. Jagoan Toyota di segmen low MPV ini sempat mendapat tantangan dari para kompetitor.

Penjualan Avanza sempat terganjal oleh kehadiran Honda Mobilio. Sementara alam dua tahun terakhir, penjualan Avanza terus ditempel ketat oleh Mitsubishi Xpander.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA