Harley-Davidson yang Diselundupkan Dirut Garuda Mirip Pernah Dimiliki Elvis Presley

Otomotif

Jumat, 6 Desember 2019 | 15:48 WIB

191206154211-harle.jpeg

GridOto.id

SEPEDA motor gede Harley-Davidson yang diselundupkan dalam pesawat Garuda dan memicu dipecatnya Dirut Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra alias Ari Askhara oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, tampaknya mirip dengan yang pernah dimiliki oleh penyanyi legendaris Elvis Presley.

Moge di dalam pesawat Airbus yang dibawa dari Prancis itu diduga berjenis Harley-Davidson Electra Glide. Moge ini pernah dimiliki oleh Elvis Presley dan terjual dalam lelang pada Agustus lalu seharga 800.000 dolar AS atau sekitar Rp 11 miliar.

Dilansir dari suara.com, Jumat (6/12/2019), Harley-Davidson Electra-Glide sendiri diproduksi pada era 1960an di Amerika Serikat. Pada era 1970an Harley-Davidson memperkenalkan Electra-Glide bermesin Shovelhead dan ini yang diduga diselundupkan dalam pesawat Garuda dari Prancis baru-baru ini.

Harley-Davidson Electra-Glide Shovelhead mengandalkan mesin 1338cc 2 Silinder dengan konfigurasi mesin V-Twin dengan bobot sekitar 330 kg. Sedangkan tenaga maksimum yang mapu dihasilkan adalah 58 daya kuda pada 5.150 rpm.

Sempat menjadi tunggangan populer pada masanya, moge ini akhirnya berhenti diproduksi pada 1984 dan karenanya menjadi salah satu Harley-Davidson langka pada saat ini.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan, harga Harley-Davidson dalam pesawat Garuda tersebut ditafsir mencapai Rp 800 juta. Tetapi mengingat usia serta jumlahnya yang langka, moge ini bisa bernilai lebih mahal.

"Berdasarkan hasil penelusuran di pasaran, perkiraan nilai motor Harley Davidson tersebut berkisar antara Rp 200juta sampai dengan Rp 800juta per unitnya," kata Sri Mulyani.

Sementara itu, pihak Bea Cukai menaksir negara mengalami kerugian sekitar Rp 1,5 miliar akibat penyelundupan Harley-Davidson dalam pesawat Garuda itu.

Pada pekan ini Menteri Erick Tohir mengumumkan akan memecat Dirut Garuda Ari Askhara dan mengusut semua orang yang terlibat di dalam skandal Harley-Davidson tersebut.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA