Benetton Awali Sejarah Balapan Pistop, Ganti Ban Hanya 1,82 Detik Rekor Pitstop Milik Red Bull

Otomotif

Rabu, 20 November 2019 | 12:33 WIB

191120122817-dulu-.jpg

dailymail


Kemenangan Max Verstappen di balapan seri Grand Prix Brasil akhir pekan kemarin ternyata tak hanya mencatatkan kemenangan atas juara dunia enam kali dari McLaren Lewis Hamilton. Tim yang diperkuat Red Bull pun berhasil memecahkan rekor baru pit sptop.

Tampil di Sirkuit Interlagos yang berujung koleksi podium satu kedelapan, Max hanya  perlu waktu 1,82 detik di pitstop pertama. Ini tentunya hasil  berja sama efisien dari para kru mekanik yang berhasil mengganti empat ban pebalap Belanda tersebut “dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.”

Max berhenti TEPAT di depan para mekanik yang sudah menunggu dalam posisi ready to action.

Dalam waktu tiga perempat detik tim melepas empat ban.

Kurang dari satu detik berikutnya Max sudah memiliki mobil dengan ban baru sekaligus meninggakan pitstop.

Pit-stop pertama dalam balapan sangat krusial  karena bisa ikut menentukan dirinya keluar dari jalur pit sebelum Lewis Hamilton yang sudah lebih dulu berganti ban. Sayang catatan waktu di Sao Paulo tadi tak langsung memberi peluang setelah pebalap  Williams, Robert Kubica mendahului hingga memaksa Max memperlambat laju jet daratnya.  Aksi Kubica yang dianggap membahayakan sesama pebalap itu pun membuatnya dijatuhi penalti.

Tapi meski sempat tertinggal, kurang dari satu lap berikutnya Max mampu mendahului Lewis  Hamilton bahkan memastikan podium satu. Di luar itu rekor pitstop Red Bull sebelumnya tercatat masih tahun ini di balapan Grand Prix Jerman dengan selisih enam per seratus detik. Ini juga kali ketiga Red Bull membuat rekor baru musim ini. Di antaranya rekor tercepat ketiga (2,12 detik) dan tercepat keempat (2,17 detik) di antara sembilan tim lainnya.

Pebalap Juan Manuel Fangio berdiskusi dengan tim saat mobil Alfa Romeo yang ditungganginya berada di pitstop saat balapan Grand Prix Monaco tahun 1950.

"Gara-gara Benetton."

Happy ending with new record.

Catatan rekor pitstop saat ini jauh berbeda dari tahun-tahun awal Formula 1  ketika pebalap bahkan bisa berbincang dengan mekanik  ketika mobil mereka berada di pit lane. Perbedaan mulai di awal 1990-an ketika tim Benetton mulai menjadikan pit-stop sebagai salah satu cara untuk mendapatkan momentum selama balapan dan mengejar keuntungan marginal.

Benetton bisa dikatakan menjadi inisiator “balapan pitstop”. Dan rata-rata kala itu pit-stop berlangsung selama enam detik termasuk mengisi ulang bensin. Namun balapan era modern melarang pengisian bahan bakar sebagai bagian dari pitstop dengan pertimbangan keselamatan.


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA