Pemerintah Akan Salurkan Bansos kepada 8,3 Juta Keluarga Jelang Lebaran

Nasional

Senin, 18 Mei 2020 | 15:15 WIB

200518151552-pemer.jpg

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial kepada 8,3 juta keluarga penerima manfaat menjelang Lebaran.

Dia mengatakan bantuan bagi 8,3 juta dari sembilan juta keluarga sasaran program bantuan sosial akan disalurkan dalam lima hari terakhir sebelum Lebaran dan bantuan untuk 700 ribu keluarga sasaran lain yang berada di daerah pedalaman akan disalurkan setelah Lebaran.

"Saya sebagai koordinator bansos melakukan pertemuan maraton dengan Kemensos dan Kemendes, jadi insya Allah lima hari terakhir menjelang Lebaran akan dilakukan penyaluran bansos besar-besaran," kata Muhadjir dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (18/5/2020).

"Dana kita hitung tidak masalah dan data KPM (keluarga penerima manfaat) sudah final tadi malam, sudah kita matangkan dengan Pak Mensos. Delivery system (sistem pengiriman) PT Pos siap menyalurkan dan tidak libur Lebaran, kerja keras mengejar target 8,3 juta dari sembilan juta calon KPM," kata dia.

Ia menjelaskan pula bahwa bantuan langsung tunai dari dana desa sekarang sudah 70 persen tersalurkan kepada keluarga-keluarga yang dinilai berhak menerima bantuan berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) serta data keluarga miskin baru yang dihimpun pengurus rukun tetangga dan rukun warga.

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pengantar dalam rapat mengenai penanganan pandemi Covid-19 meminta aparat pemerintah mempercepat penyaluran bantuan sosial, termasuk menyelesaikan masalah-masalah yang menghambat penyaluran bantuan bagi warga miskin dan warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Editor: Efrie Christianto

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA