Ikuti Anjuran Kemenag, Selama KLB Covid-19 Jemaat Gereja di Solo Ibadah di Rumah

Nasional

Sabtu, 21 Maret 2020 | 20:47 WIB

200321204857-ikuti.jpg

Tok Suwarto

GEREJA-gereja di Kota Solo menggelar ibadah di rumah, dengan menyiapkan layanan ibadah baik secara streaming maupun ibadah keluarga. Hal itu sesuai anjuran Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo selama Kota Solo ditetapkan dengan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona Virus Disease (Covid-19).

Gereja Bethel Indonesia (GBI) Keluarga Allah Solo, misalnya, memutuskan seluruh ibadah di gereja ditiadakan selama dua pekan. Sebagai ganti, GBI Keluarga Allah yang jemaatnya se Indonesia sekitar 30.000-an orang, melayani ibadah dengan fasilitas live streaming Youtube.

Staf Gembala Bagian Media GBI Keluarga Allah, Epfy Kartikasari, menjelaskan kepada wartawan, Sabtu (21/3/2020), jemaat dapat mengakses layanan ibadah melalui website resmi gbika.org/live. Pihaknya menyediakan satu link untuk diakses dari rumah dan jemaat bisa memilih live streaming pada jam yang sudah tersedia

"Tim GBI Keluarga Allah telah menyiapkan produksi untuk peribadatan online selama dua pekan. Selain menggunakan rekaman ibadah yang disiapkan  sebelumnya, gereja juga memproduksi ibadah terbaru untuk diunggah dalam layanan live streaming," katanya.

Epfy berharap, ibadah online hendaknya tetap diikuti secara khusyuk sehingga menjadi berkat kepada seluruh masyarakat, termasuk masyarakat yang sedang sakit di rumah sakit, khususnya pasien corona yang diisolasi. Dia juga minta jemaat berdoa agar Indonesia, khususnya Kota Solo,  dijaga Tuhan sehingga terbebas dari wabah Covid 19.

Gereja yang melaksanakan ibadah secara  live streaming adalah Gereja Katolik "Santa Perawan Maria Regina", Purbowardayan, Kota Solo. Veronica Oktaviana, aktivis gereja tersebut menyatakan, pihak gereja telah menyiapkan seluruh perangkat ibadah. Dia sendiri siap mengikuti ibadah live streaming dari rumahnya di Bibis Wetan, Kelurahan Kadipiro, Kota Solo.

"Materi live streaming berasal dari Keuskupan Agung Semarang. Ada beberapa penyesuaian dalam prosesi ibadah tersebut. Kalau dalam misa kita menerima komuni, dalam misa streaming menjadi penerimaan hosti diganti dengan doa. Langkah-langkahnya dari Bapa Uskup,” jelasnya.

Sementara itu, dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Corona, Pemkot Solo dalam melakukan penyemprotan desinfektan ke bangunan ruang publik juga menjangkau gedung-gedung gereja beserta fasilitas di dalamnya.

Bahkan, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang merupakan salah seorang jemaat dan pengurus Gereja Katolik Santa Perawan Maria Regina", Purbowardayan, ikut terjun dalam kegiatan penyemprotan sejumlah gereja tersebut.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA