Pemerintah Didesak Segera Evakuasi WNI di Wuhan Cina

Nasional

Senin, 27 Januari 2020 | 11:59 WIB

200127115547-pemer.jpg

dok

ilustrasi

ANGGOTA Komisi I DPR RI Christina Aryani mendesak Pemerintah RI segera mengambil langkah cepat dan tepat guna memastikan proses evakuasi terhadap WNI yang berada di Wuhan, Cina. Hal ini menyusul situasi terakhir terkait virus corona.

"Langkah cepat dan tepat dalam proses evakuasi sangat dibutuhkan mengingat dampak virus dengan kemampuannya menginfeksi berbagai spesies hewan sebelum kemudian menyebar dan menyebabkan penularan antarmanusia," kata Christina dalam keterangan di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Christina mengatakan, keterbatasan logistik dan sulitnya akses transportasi keluar masuk Wuhan saat ini juga mendorong agar evakuasi segera dilakukan.

"Membiarkan WNI kita tetap berada di sana sama saja dengan membiarkan mereka menunggu giliran terinfeksi," tambahnya.

Dia mengingatkan langkah evakuasi juga tengah dilakukan oleh beberapa negara seperti Amerika Serikat, Perancis, Jepang serta Srilanka. Berbeda dengan Amerika Serikat yang menyiapkan pesawat untuk memulangkan warganya, Perancis akan memindahkan warganya ke provinsi lain untuk dikarantina.

Dia menilai pemindaian di bandara atau pelabuhan tidak selamanya efektif. Pasalnya, tidak semua yang terpapar virus langsung menunjukkan gejala penyakit ini, mengingat masa inkubasi virus bervariasi dari 2-14 hari.

Lebih jauh dia menyampaikan, Komisi I DPR RI menyatakan keprihatinan mendalam atas keadaan ini dan mendorong Pemerintah untuk segera menyampaikan rencana evakuasi WNI di Wuhan.

Berdasarkan catatan KBRI, terdapat sekitar 93 WNI di Wuhan.
Adapun, seiring mengupayakan proses evakuasi WNI, kata dia, pemerintah juga perlu mempertimbangkan larangan masuk bagi wisatawan asal Cina hingga permasalahan menyangkut penyebaran virus bisa ditangani lebih baik.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA