Wapres : Menjaga Kerukunan Antarumat Beragama Kunci Persatuan dan Kesatuan

Nasional

Jumat, 24 Januari 2020 | 19:19 WIB

200124192325-wapre.jpg

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan pentingnya menjaga kerukunan antarumat beragama di Indonesia karena itu menjadi kunci persatuan dan kesatuan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

"Kerukunan umat beragama adalah kunci, kalau ini terganggu maka kerukunan nasional akan terganggu," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam keterangan resmi, Jumat (24/1/2020).

Sebagai negara yang heterogen, terdiri atas berbagai suku, agama, ras dan etnis; persatuan antarmasyarakat harus terjalin dengan mengedepankan dialog dan kesepakatan lahir yaitu Pancasila.

Wapres menegaskan konflik antarmasyarakat bisa terjadi apabila tidak ada komunikasi yang baik antarpemuka agama dan juga di antara masyarakat.

"Sesungguhnya ketidakdamaian itu karena tidak ada dialog, atau sesudah dialog tidak terdapat kesepakatan," kata Wapres saat melakukan pertemuan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Yogyakarta di Istana Presiden Yogyakarta, Jumat.

Oleh karena itu, Wapres meminta forum kerukunan seperti FKUB dapat berperan dalam menjaga solidaritas dan persatuan masyarakat, khususnya di daerah.

"Forum ini justru memberikan stimulan agar kita terus menjaga kerukunan; maka itu kita membangun FKUB provinsi maupun kabupaten-kota," tambahnya.

Wapres Ma'ruf juga berharap dengan adanya toleransi antarumat beragama, Indonesia dapat menjadi contoh bagi negara lain yang sedang dilanda konflik horizontal.

"Kita ingin Indonesia menjadi model bagaimana menjaga kedamaian, solidaritas dan demokrasi di dunia ini," ujarnya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA