Siaga Bencana, LAZ Al Azhar-Asuransi Astra Syariah Dirikan Posko Medis di Lokasi Bencana

Nasional

Selasa, 21 Januari 2020 | 15:17 WIB

200121151437-siaga.jpg

ist

LAZ (Lembaga Amil Zakat) Al Azhar bersama Asuransi Astra Syariah menggelar Aksi Medis di Kampung Sajira Barat, RT 04, RW 03, Desa Sajira, Kec. Sajira, Lebak, Banten. Sebanyak 100 warga yang terdiri dari 4 RT mengikuti kegiatan layanan kesehatan gratis ini, Senin (20/1/2020).

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kabupaten Bogor dan Lebak menjadi wilayah terdampak bencana banjir dan tanah longsor terparah. Puluhan orang kehilangan nyawa dan belasan ribu warga menempati posko-posko pengungsian yang telah disediakan di sejumlah titik.

Ketua Rukun Tetangga (RT), Maman Sudirman mengatakan, pasca banjir dan tanah longsor yang menerjang Kp. Sajira sebagian besar warganya mengaku mulai terserang berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal dan diare. Selain itu, akibat curah hujan yang masih tinggi juga membuat warga mengeluhkan demam dan flu.

"Kebanyakan warga disini yang terkena sakit adalah anak-anak dan juga lansia," tambahnya.

Sulitnya akses untuk mendapatkan bantuan medis serta pengobatan diakibatkan dari rusaknya beberapa jembatan yang tersebar di Kecamatan Lebak Gedong, Sajira, Cipana, Maja, Curug Bitung dan Cimarga. LAZ Al Azhar bersama Asuransi Astra Syariah mendirikan posko medis untuk membantu para korban mendapatkan tindakan medis dengan cepat.

Husianah (48) salah satu korban terdampak Kp. Sajira Barat mengaku senang dengan adanya Aksi Medis karena bisa mendapatkan obat untuk penyakit diare yang ia derita.

"Alhamdulillah setelah adanya posko medis ini, saya bisa berobat dan jaraknya dekat dari rumah. Soalnya enggak bisa ke puskesmas karena jembatannya putus kena banjir," jelasnya.

Selain itu Aksi Medis juga dilakukan secara mobile dengan mendatangi langsung ke rumah-rumah pasien yang tidak dapat berjalan menuju posko aksi medis. Salah satunya dengan mengunjungi Ibu Aan (63) warga Kp. Sajira Barat yang sudah menderita Parkinson sejak 4 tahun terakhir.

Sekujur tubuhnya kaku dan sulit digerakkan. Meskipun begitu, Ibu Aan merasa bahagia karena ia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan meski kondisi badannya yang sedang lumpuh.

"Diharapkan bantuan medis dan distribusi logistik yang kami berikan dapat memberikan manfaat bagi para korban. LAZ Al Azhar mengajak semua pihak untuk saling membantu dalam meringankan beban saudara kita yang terkena musibah dan turut andil dalam mengembalikan kebahagiaan mereka," ujar Kholis, Kepala Koordinator Aksi Formula Tanggap Bencana wilayah Banten.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA