Sebanyak 2.000 Lampion Meriahkan Grand Launching "Garuda di Lautku"

Nasional

Sabtu, 18 Januari 2020 | 06:30 WIB

200118063428-seban.jpg

SEBANYAK 2.000 lampion memeriahkan Grand launching "Garuda di Lautku" yang pelaksanaannya di Wisma Negara, Center Point of Indonesia (CPI), Makassar dan dihadiri sejumlah pejabat Mabes AL dan Forkopimda Sulsel.

“Garuda di Lautku” ini merupakan awal bagian dari pelaksanaan Garuda di Lautku yang nantinya akan dilaksanakan di Pulau Kodingareng Keke pada bulan Maret 2020," kata Kolonel laut (P) Ardi Sunaryo selaku Asops Danlantamal VI dan Koordinator Garuda di Lautku disela peluncuran ribuan lampion tersebut di Makassar, Jumat malam.

Selain pelepasan lampion, peluncuran "Garuda di Lautku" itu juga dimeriahkan sekitar 250 musisi yang didominasi gitaris dan dihadiri Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah dan sejumlah pejabat dari Mabesal, Koarmada II, Lantamal VI, Yonmarhanlan VI serta para Pengurus Jalaesnastri pusat dan Korcab VI Daerah Jalasenastri Armada II.

Menurut Ardi, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong Indonesia segera bangkit dan maju dalam mengembangkan dan mengelola potensi sumber daya alam laut khususnya terumbu karang.

Termasuk untuk meningkatkan upaya pelestarian terumbu karang di wilayah perairan Sulawesi Selatan serta untuk meningkatkan semangat bela negara dan kecintaan laut bagi seluruh lapisan masyarakat termasuk generasi muda.

Pada kesempatan itu, Kepala staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muda TNI Siwi Sukma Adji menyerahkan maket Garuda pada Gubernur Sulsel yang sebelumnya diawali dengan tarian penyambutan Tari Paduppa dan empat etnik. Selain itu, juga dimeriahkan artis ibukota.

Tak kalah menariknya penampilan 250 musisi band yang membentuk formasi Burung Garuda yang memainkan lagu Kebyar Kebyar, Bendera, Rumah Kita dan Paradise City.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan Grand Launching Garuda di Lautku ini digelar berbagai kegiatan diantaranya lomba foto, mewarnai dan lomba perahu hias.

Sedang puncak acara akan dilakukan penanaman terumbu karang kebangsaan 2020 pada 18 Maret 2020 yang melibatkan para pihak terkait di lapangan.

"Puncak kegiatan akan dilaksanakan di Pulau Kodingareng Keke, rencananya Kasal akan membuka maket Garuda di Lautku di depan pelurus, dilanjutkan penanaman terumbu karang kebangsaan, disusul kegiatan "fun diving", "fun Snorkling" dan penebaran bibit ikan," kunci Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNi Hanarko Djodi Pamungkas.

Editor: Rosyad Abdullah

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA