Kementerian BUMN Cari Calon Dirut Garuda yang Tak Terkontaminasi Masalah

Nasional

Senin, 13 Januari 2020 | 20:31 WIB

200113202816-kemen.jpg

wikipedia

KEMENTERIAN BUMN kemungkinan besar akan merekrut calon direktur utama Garuda Indonesia yang berasal dari kalangan eksternal. Saat ini Kementerian BUMN masih menyeleksi sosok yang mengerti keuangan, kemampuan manajemen yang kuat, serta secara umum dapat membenahi Garuda Indonesia.

"Pastinya kita mencari sosok yang yang terbaik, tidak terkontaminasi permasalahan-permasalahan di Garuda Indonesia, dan mampu membuat maskapai itu terbang tinggi serta tidak merugi," papar Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga di Jakarta, Senin (13/1/2020) malam.

Kementerian BUMN juga tetap mengambil calon dari internal Garuda agar dapat mengetahui kondisi internal maskapai tersebut. Selain itu Kementerian juga akan melakukan sedikit penyegaran di level komisaris.

Staf Khusus Kementerian BUMN tersebut menyampaikan bahwa telah mengantongi tiga sosok dalam bursa calon direktur utama Garuda Indonesia.

"Ada sosok yang berpengalaman di maskapai, ada juga sosok yang emang dibutuhkan untuk kuat dalam bidang keuangan, dan ada sosok yang memiliki kekuatan di manajemen serta keuangan," paparnya.

Terkait nama atau sosok yang akan terpilih sebagai calon dirut maskapai penerbangan pelat merah tersebut, Arya meminta publik untuk menunggu hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Garuda Indonesia pada 22 Januari 2020 nanti.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka suara soal kritetia calon Direktur Utama Garuda Indonesia. Ia berharap dirut yang baru paham manajerial dan visi bisnis ke depan.

Ia menambahkan untuk persoalan teknis dan operasional, difokuskan ke direktur masing-masing di mana keduanya harus mengutamakan keselamatan. Budi mengaku hingga saat ini, Garuda belum mengusulkan direksi yang baru.

Editor: Lucky M. Lukman

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA